Ekspor jeruk mandarin orah China ke ASEAN suntikkan stimulus baru untuk modernisasi pertanian

2023-03-10 18:29:35   来源:新华社

   NANNING, 10 Maret (Xinhua) -- Gu Qiufang, seorang pekerja pengemasan berusia 45 tahun yang bekerja di toko pengemasan Guangxi Qifeng Juzhou Fruit Industry Co., Ltd. di Distrik Wuming di Kota Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan, memasukkan jeruk-jeruk mandarin orah ke dalam boks kemasan ekspor dengan hati-hati.

   "Jeruk mandarin orah pilihan ini gemuk dan berkulit cerah, dan tidak boleh rusak dalam proses pengemasannya. Jika tidak, kualitasnya dapat terdampak saat proses pengiriman," papar Gu, seraya menambahkan bahwa hampir 2.000 boks (sekitar 14 ton) berisi jeruk mandarin orah akan cepat diekspor ke Vietnam.

Foto yang diabadikan pada 9 Maret 2023 ini menunjukkan buah jeruk mandarin orah China siap dikemas dan diekspor dari sebuah pabrik ekspor di Distrik Wuming, Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.(Xinhua/Huang Yaoteng)

   Jeruk mandarin orah adalah buah jeruk berkulit tebal. Varietas mandarin ini berasal dari Israel. Buah ini diperkenalkan dan disempurnakan untuk ditanam di Wuming sejak 2012. Berkat kondisi tanah dan iklim monsun subtropis yang unik, jeruk mandarin orah dari Wuming di Guangxi memiliki keunggulan pasar yang berbeda. Rasa manisnya sedikit lebih kuat dari rasa asamnya, yang merupakan rasa yang sempurna bagi konsumen.

   Pada 2022, area penanaman jeruk mandarin orah di Guangxi mencapai 0,123 juta hektare, dengan total panen 4,7 juta ton. Sementara itu di Wuming, output jeruk mandarin orah mencapai lebih dari 1,5 juta ton, menghasilkan total nilai lebih dari 10 miliar yuan (1 yuan = Rp2.214), menjadikannya area perkebunan jeruk mandarin orah terbesar di China, menurut otoritas pertanian setempat.

Foto dari udara yang diabadikan pada 20 Februari 2023 ini menunjukkan basis perkebunan jeruk mandarin orah yang terletak di Distrik Wuming, Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan. (Xinhua)

   Selama beberapa tahun terakhir, dengan pembangunan dan pengembangan Zona Perdagangan Bebas China-ASEAN dan peningkatan kualitas yang berkelanjutan, jeruk mandarin orah mulai diekspor dan banyak diminati di luar negeri.

   "Kami terutama mengekspor ke negara-negara ASEAN, termasuk Vietnam, Thailand, dan Singapura. Mulai Januari hingga Februari tahun ini, kami telah mengekspor 850 ton jeruk mandarin orah, naik 10 persen secara tahunan (year on year/yoy)," kata Luo Zenggui, Manajer Umum Guangxi Qifeng Juzhou Fruit Industry Co., Ltd.

Foto yang diabadikan pada 9 Maret 2023 ini menunjukkan buah jeruk mandarin orah China siap dikemas dan diekspor dari sebuah pabrik ekspor di Distrik Wuming, Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.(Xinhua/Huang Yaoteng)

   Menurut He Qiu, wakil kepala departemen pengawasan dari Kantor Bea Cukai Nanning, dengan sertifikat asal barang di bawah zona perdagangan bebas China-ASEAN, jeruk mandarin orah dapat menikmati keuntungan bebas tarif saat diekspor ke negara-negara ASEAN.

   "Terdapat 55 perusahaan ekspor jeruk mandarin orah di Guangxi dan 22 perusahaan di Wuming. Pada 2022, Nanning mengekspor total 1.855,26 ton jeruk mandarin orah dengan nilai 1,7506 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.438), masing-masing naik 94,46 persen dan 167,39 persen (yoy)," kata He Qiu, seraya mengatakan bahwa ekspor masih melonjak berkat peningkatan kualitas jeruk mandarin orah.

   Berkat lonjakan penjualan jeruk mandarin orah di pasar dalam dan luar negeri, industri jeruk mandarin orah kini menjadi salah satu industri pedesaan yang mendongkrak pendapatan petani setempat.

Foto dari udara yang diabadikan pada 10 Februari 2023 ini menunjukkan sebuah pabrik pengolahan jeruk mandarin orah yang terletak di Distrik Wuming, Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan. (Xinhua)

   Di Desa Xialu, Wuming, jeruk mandarin orah telah menjadi sumber pendapatan utama penduduk desa. "Penghasilan bersih dari menanam 0,06 hektare jeruk mandarin orah melebihi 10.000 yuan. Pendapatan per kapita yang siap dibelanjakan (per capita disposable income) di desa kami telah mencapai sekitar 37.000 yuan pada 2022," kata Wei Dianyun, wakil ketua Partai di desa tersebut, seraya menambahkan bahwa kaum muda di desa tidak perlu menjadi pekerja migran di kota.

   Menurut Ou Yanhua, Wakil Direktur Biro Pertanian dan Urusan Pedesaan Wuming, terdapat 134 pabrik penyortiran buah, termasuk 216 lini produksi penyortiran dan pengolahan buah di Wuming, yang dapat memproses lebih dari 10.000 ton buah per hari.

   Selain itu, terdapat 307 toko penyimpanan dingin buah segar dengan kapasitas penyimpanan 130.000 ton di Wuming, yang secara efektif dapat memperpanjang masa penyimpanan dan meningkatkan nilai tambah produk buah, papar Ou.

   "Industri buah seperti jeruk mandarin orah telah menyerap lebih dari 10.000 karyawan, dan petani di seluruh daerah ini telah meningkatkan pendapatan mereka sekitar 240 juta yuan setiap tahunnya," lanjutnya.

   Untuk mempromosikan pengembangan modernisasi industri pertanian, Wuming meluncurkan proyek peningkatan industri benih modern, mempromosikan pengembangan fasilitas pertanian canggih, serta menerapkan sistem manajemen ladang canggih dan cerdas di lapangan untuk meningkatkan efisiensi perkebunan dan kualitas buah.

   "Kami telah mendirikan Pusat Mahadata di wilayah ini untuk industri jeruk mandarin orah, dengan teknologi komputasi awan digital modern, kami telah membangun sistem kontrol pintar otomatis di lapangan, seperti sistem penyiraman dan pemupukan cerdas, stasiun cuaca di lapangan, dan sistem peringatan dini untuk informasi penyakit dan hama," jelas Ou.

Foto dari udara yang diabadikan pada 10 Februari 2023 ini menunjukkan sebuah desa yang terletak di Distrik Wuming, Nanning, Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan. Banyak penduduk desa ini menjadi semakin kaya dengan penanaman jeruk mandarin orah selama beberapa tahun terakhir. (Xinhua)

   Petani, pedagang grosir sortir, dan konsumen dapat saling menghubungi melalui platform mahadata kami tanpa bertemu langsung, sehingga dapat memastikan keamanan buah dan memastikan konsumen menikmati produk berkualitas tinggi, imbuhnya.

   "Modernisasi pertanian dan pedesaan adalah bagian penting dari jalur China menuju modernisasi, dan modernisasi pertanian didasarkan pada kemajuan dan inovasi ilmiah serta teknologi," kata Xiao Anbao, seorang profesor dari Universitas Guangxi.

   Demi mewujudkan modernisasi pertanian dan pedesaan, penting untuk mempercepat laju industrialisasi pertanian dan meningkatkan pendapatan petani, sehingga mereka juga dapat berbagi hasil pembangunan, tambah Xiao.  Selesai

【记者:Huang Yaoteng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/833c8e5b5adb436ee667bfc701b25963/1678444188447

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD