Pemulihan ekonomi China jadi dorongan baru bagi pertumbuhan global

2023-03-09 17:45:38   来源:新华社

JUDUL: Pemulihan ekonomi China jadi dorongan baru bagi pertumbuhan global 

DATELINE: 8 Maret 2023

DURASI: 00:02:12

LOKASI: Beijing

KATEGORI: POLITIK/EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Balai Agung Rakyat di Beijing

2. Berbagai cuplikan China

3. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): CHEN GANG, Asisten Direktur Institut Asia Timur di Universitas Nasional Singapura

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): TITUS VON DEM BONGART, Mitra EY sekaligus Kepala GBN Greater China

5. SOUNDBITE 3 (Bahasa Arab): HUDA AL-MALLAH, Direktur Pusat Internasional untuk Konsultasi Ekonomi dan Studi Kelayakan

6. SOUNDBITE 4 (Bahasa Inggris): FAHEEM SARDAR, Pakar kebijakan senior di Strategic Policy Planning Cell di Divisi Keamanan Nasional Kantor Pemerintahan Perdana Menteri Pakistan

 

STORYLINE:

China mengungkapkan serangkaian target ekonomi yang sangat dinantikan untuk tahun 2023 dalam sebuah laporan kerja pemerintah yang diserahkan pada Minggu (5/3) ke badan legislatif nasional untuk pembahasan.

Menurut laporan itu, Produk Domestik Bruto (PDB) China diproyeksikan akan meningkat sekitar 5 persen secara tahunan (year on year/yoy). Target-target lainnya meliputi penciptaan sekitar 12 juta lapangan kerja perkotaan baru dan kenaikan indeks harga konsumen (consumer price index/CPI) sekitar 3 persen.   

Para pakar dan kalangan bisnis meyakini bahwa kebangkitan ekonomi China di awal tahun ini menunjukkan negara itu memiliki kemampuan untuk memenuhi target pertumbuhannya, dan pemulihan ekonomi China akan menyuntikkan momentum baru ke dalam pertumbuhan global.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): CHEN GANG, Asisten Direktur Institut Asia Timur di Universitas Nasional Singapura

"Perekonomian China secara bertahap melangkah keluar dari dampak negatif pandemi COVID-19 dan mulai stabil dan pulih. Dalam situasi saat ini, dapat dikatakan bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi (China), saya rasa, akan mengalami tren pertumbuhan yang lebih tinggi." 

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): TITUS VON DEM BONGART, Mitra EY sekaligus Kepala GBN Greater China

"Saat Anda melihat perekonomian, secara keseluruhan, saya akan mengatakan bahwa semua faktor yang dibutuhkan untuk ekonomi yang tangguh telah ada. Anda memiliki pasar yang sangat besar. Anda memiliki tenaga kerja yang sangat terlatih dan terampil. Anda memiliki banyak talenta yang berasal dari universitas. Tahun 2023, saya rasa, akan menjadi tahun yang krusial bagi China dan perekonomian China."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Arab): HUDA AL-MALLAH, Direktur Pusat Internasional untuk Konsultasi Ekonomi dan Studi Kelayakan

"Kita dapat memetik manfaat dari pengalaman ekonomi China dengan mempelajarinya karena negara itu merupakan kekuatan yang berhasil memanfaatkan sumber daya manusianya yang sangat besar untuk menggenjot produksi, tingkat pertumbuhan yang tinggi, pembangunan berkelanjutan, serta kecerdasan buatan (artificial intelligence). Semua pengalaman tersebut akan memberikan manfaat untuk Mesir dan seluruh dunia." 

SOUNDBITE 4 (Bahasa Inggris): FAHEEM SARDAR, Pakar kebijakan senior di Strategic Policy Planning Cell di Divisi Keamanan Nasional Kantor Pemerintahan Perdana Menteri Pakistan

"China menargetkan pertumbuhan sekitar 5 persen untuk tahun ini. Jadi, saat pertumbuhan di China meningkat, akan ada lebih banyak konsumsi di China dan lebih banyak tarikan barang dan jasa ke China karena China akan mengonsumsi barang dan jasa tersebut. Sehingga, pertumbuhan sekitar 5 persen di China akan membantu perekonomian lainnya."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beijing.

(XHTV)

【记者:You Zhixin,Sun Qing,Lu Haiyue,Yao Bing,Yu Fuqing,Yang Yiran,Wang Huan,Ali Jaswal,Tariq Hameed 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/cea6cc1f3ae26275c833255356dd87af/1678355140506

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD