Presiden Mesir serukan upaya intensif untuk redakan ketegangan Israel-Palestina

2023-03-09 16:47:33   来源:新华社

JUDUL: Presiden Mesir serukan upaya intensif untuk redakan ketegangan Israel-Palestina

DATELINE: 9 Maret 2023

DURASI: 00:00:50

LOKASI: Kairo

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Kairo

 

STORYLINE:

Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi pada Rabu (8/3) menyerukan upaya internasional yang intensif guna mewujudkan situasi yang tenang di wilayah Palestina di tengah eskalasi ketegangan antara Israel dan Palestina.

Al-Sisi menyampaikan pernyataan itu dalam percakapannya dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin yang sedang berkunjung, sebut sebuah pernyataan yang dirilis oleh kantor kepresidenan Mesir.

Pertemuan tersebut berfokus pada sejumlah isu regional dan internasional, termasuk konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung selama puluhan tahun, papar pernyataan.

Al-Sisi juga menyerukan penghentian langkah-langkah sepihak dan eskalasi dalam konflik tersebut, seraya menegaskan kembali Solusi Dua Negara sebagai "jalan menuju tercapainya perdamaian yang adil dan komprehensif demi kepentingan rakyat di kawasan itu."

Dalam pertemuan tersebut, al-Sisi menekankan "komitmen Mesir untuk lebih mengintensifkan kerja sama dengan AS di berbagai bidang, terutama di bidang militer dan keamanan," urai pernyataan.

Austin menyatakan apresiasi Washington terhadap peran penting Mesir di Timur Tengah sebagai "kekuatan penstabil yang rasional dan bertanggung jawab," sembari menegaskan komitmen AS untuk lebih memperkuat kerja sama dan kemitraan strategisnya dengan Mesir, khususnya kerja sama pertahanan.

Kunjungan Austin ke Mesir itu dilakukan usai kunjungannya ke Yordania dan Irak di mana dirinya bertemu dengan para pemimpin kedua negara tersebut.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kairo.

(XHTV)

【记者:Yu Fuqing,Yang Yiran,Bao Jiayishixi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/81a7fc122866609bf9110662f8981993/1678351656043

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD