Sphinx batu kapur dan monumen era Romawi ditemukan di Mesir selatan

2023-03-08 18:45:39   来源:新华社

JUDUL: Sphinx batu kapur dan monumen era Romawi ditemukan di Mesir selatan

DATELINE: 7 Maret 2023

DURASI: 00:00:58

LOKASI: Kairo

KATEGORI: BUDAYA

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan artefak yang ditemukan

2. Berbagai cuplikan piramida

 

STORYLINE:

Sebuah misi arkeologi Mesir menemukan sebuah sphinx batu kapur dan sebuah monumen yang berasal dari era Romawi di Provinsi Qena, Mesir selatan, demikian disampaikan Kementerian Pariwisata dan Kepurbakalaan Mesir dalam sebuah pernyataan pada Senin (6/3).

Patung berbentuk sphinx tersebut melambangkan salah satu kaisar Romawi yang mengenakan sebuah hiasan kepala Nemes, yaitu hiasan kepala berupa kain bergaris yang biasanya dikenakan oleh firaun, dan seekor ular kobra di dahinya.

"Menurut pemeriksaan awal pada wajahnya, patung itu kemungkinan besar dibuat untuk Claudius, kaisar Romawi keempat, yang berkuasa dari 41 hingga 54 Masehi," ungkap pernyataan itu.

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa tim arkeologi juga menemukan sebuah monumen di bawah patung itu, yang berukir teks hieroglif dan demotik, sistem penulisan Mesir kuno yang digunakan sekitar 650 SM hingga abad kelima Masehi.

Penemuan tersebut diperoleh selama pekerjaan penggalian di Kuil Dendera timur, yang terletak sekitar 60 kilometer sebelah utara Kota Luxor, yang dibangun untuk Hathor, dewi cinta, kecantikan, musik, tarian, kesuburan, dan kebahagiaan Mesir kuno.

Patung itu ditemukan di dalam kompartemen dua tingkat yang juga berisi wastafel era Bizantium untuk menyimpan air, tambah pernyataan tersebut.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kairo.

(XHTV)

【记者:Yu Fuqing,Yang Yiran,Bao Jiayishixi,Yao Bing,M Arwayahya 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/c2ad3f0057d8f039e667bfc701b25963/1678272342025

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD