Presidium terpilih dan agenda ditetapkan untuk sesi legislatif tahunan China

2023-03-05 10:12:07   来源:新华社

Foto yang diabadikan pada 4 Maret 2023 ini menunjukkan Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China. (Xinhua/Li Xin)

   BEIJING, 4 Maret (Xinhua) -- Para deputi Kongres Rakyat Nasional (National People's Congress/NPC) China ke-14 berkumpul di Balai Agung Rakyat di Beijing pada Sabtu (4/3) pagi waktu setempat dalam sebuah pertemuan persiapan guna memilih presidium dan menetapkan agenda untuk sesi pertama NPC ke-14, yang dijadwalkan dimulai pada Minggu (5/3).

   Sebanyak 192 anggota presidium telah terpilih, dengan Li Hongzhong sebagai sekretaris jenderal sesi NPC tersebut, menurut sebuah pernyataan yang dirilis usai pertemuan persiapan itu.

   Seluruh pekerjaan persiapan untuk sesi tahunan tersebut telah dilakukan, tutur Ketua Komite Tetap NPC ke-13 Li Zhanshu, yang memimpin pertemuan itu.

   Sesi tahunan tersebut akan berjalan secara demokratis, bersatu, pragmatis, dan progresif. Pertemuan itu akan menyatukan rakyat China dari seluruh kelompok etnis menjadi lebih dekat di sekitar Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) dengan Kamerad Xi Jinping sebagai intinya untuk berjuang dalam persatuan membangun negara sosialis modern dalam segala bidang serta memajukan peremajaan besar bangsa China di semua lini, paparnya.

   Pertemuan persiapan tersebut juga mengadopsi agenda sembilan poin yang akan dibahas dalam sesi mendatang.

   Presidium terpilih bertemu tak lama setelah pertemuan tersebut dan memilih Zhao Leji, anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC, serta 10 deputi NPC ke-14 lainnya sebagai ketua eksekutif presidium.

   Li Zhanshu berjabat tangan dengan semua ketua eksekutif sebelum keluar dari ruang pertemuan di tengah tepuk tangan yang meriah.

   Kemudian, para ketua eksekutif presidium mengadakan pertemuan pertama mereka, yang dipimpin oleh Zhao Leji.

   Sebelum pertemuan persiapan tersebut dimulai pada Sabtu pagi, ketua dan wakil ketua Komite Tetap NPC ke-13 menggelar rapat terakhir guna melakukan persiapan untuk sesi berikutnya.

   Rapat itu, yang dipimpin oleh Li Zhanshu, menyelesaikan daftar kandidat presidium dan sekretaris jenderal sesi pertama NPC ke-14, serta mendengarkan laporan tentang draf agenda sesi tersebut.  Selesai

【记者:Fu Shuangqi,Wang Cong,Yue Xitongyidu 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/70bae7358e25703068f5cbff68a3a7e8/1677982330063

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD