Badan penasihat politik tertinggi China akan gelar sesi tahunan pada 4-11 Maret

2023-03-04 09:52:56   来源:新华社

Guo Weimin (kedua dari kanan), juru bicara sesi pertama Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC) ke-14, menghadiri konferensi pers di Balai Agung Rakyat di Beijing, ibu kota China, pada 3 Maret 2023. Komite Nasional CPPCC menggelar konferensi pers pada Jumat (3/3), sehari sebelum penyelenggaraan sesi tahunan badan penasihat politik tertinggi China itu. (Xinhua/Chen Yehua)

   BEIJING, 3 Maret (Xinhua) -- Komite Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat China (Chinese People's Political Consultative Conference/CPPCC), badan penasihat politik tertinggi negara itu, akan memulai sesi tahunannya pada Sabtu (4/3) pukul 15.00 waktu setempat di Beijing, demikian disampaikan seorang juru bicara pada Jumat (3/3).

   Sesi pertama Komite Nasional CPPCC ke-14 dijadwalkan berakhir pada 11 Maret sore, kata Guo Weimin, juru bicara sesi tersebut, dalam sebuah konferensi pers.

   Selama sesi tersebut, para penasihat politik akan mendengarkan dan membahas laporan mengenai hasil kerja Komite Tetap Komite Nasional CPPCC dan laporan kerja mengenai proposal dari para penasihat politik, menurut Guo.

   Para penasihat politik akan hadir pada sesi pertama Kongres Rakyat Nasional ke-14 sebagai peserta tanpa hak suara, serta akan mendengarkan dan membahas sejumlah laporan termasuk laporan kerja pemerintah, tambah Guo.

   Amendemen piagam CPPCC dan resolusi politik pada sesi pertama Komite Nasional CPPCC ke-14 akan ditinjau dan diadopsi dalam sesi tersebut, lanjutnya.

   Pemilihan kepemimpinan baru untuk badan penasihat tertinggi itu juga termasuk dalam agenda, ungkap Guo.

   Anggota Komite Nasional CPPCC ke-14 terdiri dari 34 kelompok dan berasal dari seluruh 56 kelompok etnis China, kata Guo, seraya menambahkan bahwa 60,8 persen di antaranya bukan anggota Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC).

   Secara umum mereka merupakan perwakilan dengan struktur komposisi yang lebih baik, dan individu-individu unggul dari seluruh lapisan masyarakat turut disertakan di dalamnya, kata juru bicara itu.

   CPPCC merupakan organ penting untuk kerja sama multipartai dan konsultasi politik yang dipimpin oleh CPC.  Selesai

【记者:Cao Peixian,Yue Xitong,Wang Cong,Fu Shuangqiyidu 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/282b2ad3924039aaf17a541bb5900b47/1677894780768

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD