Para pakar puji inspirasi modernisasi China bagi negara-negara berkembang

2023-03-02 19:59:41   来源:新华社

JUDUL: Para pakar puji inspirasi modernisasi China bagi negara-negara berkembang

DATELINE: 1 Maret 2023

DURASI: 00:01:13

LOKASI: Abuja

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan tentang China

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): ANNA MALINDOG-UY, Wakil Presiden di Asian Century Philippines Strategic Studies Institute, Filipina

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): CHARLES ONUNAIJU, Direktur di Pusat Studi China (Center for China Studies) di Nigeria

 

STORYLINE:

Modernisasi China dipuji oleh beberapa pakar sebagai inspirasi bagi banyak negara berkembang yang ingin mengejar pembangunannya sendiri.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): ANNA MALINDOG-UY, Wakil Presiden di Asian Century Philippines Strategic Studies Institute, Filipina

"Ini artinya pembangunan bukan tidak mungkin bagi banyak negara. China memiliki populasi terbesar di dunia. Negara ini mampu mengembangkan dirinya sendiri. Negara ini menjadi lebih berkelanjutan, menjadi mandiri dengan usahanya sendiri. China, mampu melakukan itu. Jadi bisa dikatakan, negara ini adalah inspirasi bagi masyarakat manusia, terutama bagi perekonomian berkembang."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Inggris): CHARLES ONUNAIJU, Direktur di Pusat Studi China (Center for China Studies) di Nigeria

"Ini adalah modernisasi yang hanya terjadi di masyarakat China, ini adalah modernisasi yang mempertimbangkan sejarahnya yang khas, lingkungan sosialnya yang khas, kondisi nasionalnya yang spesifik, dan bahkan kondisi dunia di sekitarnya. Jadi, ketika Anda mengimplementasikan semua itu, Anda dapat mulai memahami mengapa modernisasi China memberikan hasil yang begitu mengesankan dalam waktu yang sangat singkat. Ini adalah salah satu pelajaran penting dari kehidupan yang dipetik oleh negara dengan populasi yang begitu besar di jalan menuju modernisasi. Hal ini patut menjadi perhatian negara-negara berkembang, khususnya di Afrika."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Abuja.

(XHTV)

【记者:Adewale Amzat,Guo Jun,Yang Yunqi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/709be887f6e0f76b73b56e1684af3eb1/1677758384122

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD