Tunjukkan solidaritas, Sekjen PBB kunjungi Irak

2023-03-02 13:54:30   来源:新华社

JUDUL: Tunjukkan solidaritas, Sekjen PBB kunjungi Irak

DATELINE: 2 Maret 2023

DURASI: 00:00:49

LOKASI: Baghdad

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres saat bertemu dengan Presiden, Perdana Menteri, dan Menteri Luar Negeri Irak di Baghdad

 

STORYLINE:

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres bertemu dengan para pemimpin tinggi Irak di Baghdad pada Rabu (1/3) dalam kunjungan yang bertujuan untuk menunjukkan solidaritas PBB kepada Irak.

"Saya di sini dalam rangka menunjukkan solidaritas dan mengonfirmasi komitmen PBB untuk mendukung Irak dalam mengonsolidasikan lembaga-lembaga demokrasinya dan mempromosikan perdamaian, pembangunan, serta hak asasi manusia bagi semua warga Irak," kata Guterres dalam konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri (PM) Irak Mohammed Shia'al-Sudani.

Sebelumnya pada hari yang sama, sekjen PBB itu mengadakan pertemuan dengan al-Sudani untuk membahas hubungan PBB-Irak, tantangan iklim dan kebutuhan Irak untuk bantuan internasional dalam hal itu, kata kantor media PM Irak dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga membahas upaya Irak dalam mempromosikan hak asasi manusia dan pembangunan berkelanjutan, serta "peran perintis" Irak dalam mengurangi ketegangan regional, tambah pernyataan tersebut.

Pada konferensi pers, Guterres meminta masyarakat internasional untuk mendukung Irak dalam mengatasi tantangan lingkungan dan mendiversifikasi ekonomi, mengingat Irak merupakan salah satu negara yang paling terkena dampak perubahan iklim.

Sementara itu, al-Sudani menyampaikan bahwa meskipun pemerintahannya telah meningkatkan stabilitas politik dan keamanan di Irak, negara itu masih menghadapi sejumlah tantangan iklim dan lingkungan seperti penggurunan dan rendahnya curah hujan.

Masalah-masalah tersebut "ditambah penerapan kebijakan air negara-negara sekitar aliran sungai, baik yang mengurangi arus air atau mengubah aliran sungai, kian memperparah tantangan bagi kehidupan secara umum," katanya.

Guterres tiba di Baghdad, ibu kota Irak, pada Selasa (28/2). Selama kunjungannya tersebut, dia juga bertemu dengan Presiden Irak Abdul Latif Rashid, Ketua Parlemen Irak Mohammed al-Halbousi, dan Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein.

Guterres dijadwalkan mengunjungi Erbil, ibu kota wilayah semi-otonom Kurdistan, untuk bertemu dengan para pemimpin Kurdi.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Baghdad.

(XHTV)

【记者:Khalil 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/515233ab1e953902a88587df2a24f820/1677736472636

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD