Presiden Meksiko tuduh AS campuri urusan dalam negeri negara lain

2023-03-01 15:31:33   来源:新华社

Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bereaksi dalam konferensi pers pagi di National Palace di Mexico City, ibu kota Meksiko, pada 6 Juni 2022. (Xinhua/Francisco Canedo)

   "Saat ini tingkat demokrasi di Meksiko lebih tinggi daripada di Amerika Serikat," kata presiden Meksiko itu dalam konferensi pers hariannya.

   MEXICO CITY, 28 Februari (Xinhua) -- Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador pada Selasa (28/2) menuduh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) "mencampuri" urusan dalam negeri negara-negara lain.

   "Saat ini demokrasi di Meksiko lebih tinggi daripada di Amerika Serikat," kata presiden Meksiko itu dalam konferensi pers hariannya.

   Pada Senin (27/2), Departemen Luar Negeri AS merilis pernyataan bahwa AS "mendukung lembaga elektoral yang independen dan memiliki sumber daya yang baik." Pernyataan itu menyusul aksi demonstrasi pada Minggu (26/2) yang menentang reformasi yang diusulkan oleh pemerintahan Lopez Obrador kepada badan pemilihan umum otonom negara itu, termasuk pengurangan anggaran dan gaji pejabat elektoral.

   Dengan merilis pernyataan itu, Washington menunjukkan bahwa pihaknya terus berpegang pada Doktrin Monroe yang berusia 200 tahun, yang mendukung dominasi AS atas Belahan Bumi Barat, papar Lopez Obrador.

   Doktrin tersebut membuat AS "merasa seperti pemerintah dunia," tuturnya.  Selesai

【记者:E Luis,S HookaShemiraniArbabzadeh,Shooka Shemirani Arbabzadeh 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/0b9e2c2f73eb7e9668f5cbff68a3a7e8/1677655896497

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD