Delegasi Arab kunjungi Suriah, berniat bawa kembali ke pangkuan Arab

2023-02-28 11:17:18   来源:新华社

JUDUL: Delegasi Arab kunjungi Suriah, berniat bawa kembali ke pangkuan Arab

DATELINE: 27 Februari 2023

DURASI: 00:01:53

LOKASI: Damaskus

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan parlemen Suriah

2. SOUNDBITE (Bahasa Arab): MOHAMMED AL-HALBOUSI, Presiden Uni Antar-Parlemen Arab

3. Berbagai cuplikan parlemen Suriah

4. Berbagai cuplikan pertemuan antara para legislator Arab dan presiden Suriah (Kepresidenan Suriah)

 

STORYLINE:

Delegasi Uni Antar-Parlemen Arab (Arab Inter-Parliamentary Union) mengunjungi Damaskus pada Minggu (26/2), menggarisbawahi pentingnya membawa Suriah kembali ke pangkuan Arab.

Presiden Uni Antar-Parlemen Arab sekaligus Ketua Parlemen Irak Mohammed al-Halbousi memimpin delegasi kelas atas tersebut ke Damaskus.

Delapan anggota parlemen Arab menggelar pertemuan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad, kemudian berkunjung ke Parlemen Suriah untuk bertemu dengan para legislator.

Salah satu anggota delegasi itu adalah Ketua Parlemen Mesir Hanafy Ali El-Gebali, pejabat tinggi Mesir pertama yang mengunjungi Suriah selama perang yang berlangsung selama 11 tahun.

Berbicara kepada wartawan di Damaskus, al-Halbousi mengatakan Uni Antar-Parlemen Arab berniat untuk melakukan upaya di semua level guna membawa Suriah kembali ke pangkuan Arab untuk menjalankan perannya di kancah Arab, regional, dan internasional.

SOUNDBITE (Bahasa Arab): MOHAMMED AL-HALBOUSI, Presiden Uni Antar-Parlemen Arab

"Uni Antar-Parlemen Arab menekankan pentingnya bekerja di semua tingkatan dan di semua domain untuk membawa Suriah kembali ke pangkuan Arab dengan kebanggaan dan melanjutkan peran penting yang dahulu dimainkannya baik di kancah Arab, regional, atau internasional. Suriah tidak dapat digantikan, dan kami, sebagai serikat parlemen yang mewakili rakyat kami, mendorong pemerintah kami untuk melakukan lebih banyak pemulihan hubungan guna mencapai tujuan kami untuk melayani negara-negara ini dan rakyatnya yang bermartabat." 

Sementara itu, El-Gebali mengatakan dirinya dan para legislator lainnya datang ke Suriah untuk menunjukkan solidaritas terhadap rakyat Suriah.

"Kami tidak menunggu Suriah datang kepada kami, kami datang ke Suriah karena Suriah juga merupakan negara kami," kata legislator Mesir itu.

El-Gebali mengungkapkan bahwa kunjungan mereka ke Suriah tidak ada dalam jadwal KTT mini Uni Antar-Parlemen Arab baru-baru ini di Baghdad.

Dia mengatakan ini adalah gagasan al-Halbousi, menambahkan bahwa legislator Irak itulah yang mengurus perjalanan untuk kunjungan ke Suriah. 

Menurut kantor berita pemerintah Suriah, SANA, Presiden Suriah Bashar al-Assad menekankan bahwa kunjungan delegasi tersebut ke negaranya sangat berarti bagi rakyat Suriah karena menunjukkan dukungan bagi mereka.

Assad mengatakan kunjungan itu menegaskan bahwa terdapat sejumlah institusi Arab yang efektif dan mampu mengambil inisiatif dalam berbagai situasi serta bergerak demi kepentingan rakyat Arab.

Dia juga berterima kasih kepada negara-negara Arab atas respons cepat yang ditunjukkan di tingkat populer dan resmi untuk membantu rakyat Suriah mengatasi dampak gempa.

Setelah gempa bumi tragis yang mengguncang Suriah pada 6 Februari lalu, negara-negara Arab telah mengirimkan banyak bantuan ke Suriah di tengah tanda-tanda detente (meredanya ketegangan) diplomatik berskala luas.

Keanggotaan Suriah di Liga Arab ditangguhkan pada 2011 setelah perang saudara Suriah pecah.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Damaskus.

(XHTV)

【记者:Wang Jian,Meng Saifu 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/c63ab590c99fa8864d19003fa1c4912b/1677554241154

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD