Pembangunan terkoordinasi kawasan Beijing-Tianjin-Hebei ciptakan pendorong pertumbuhan baru

2023-02-27 20:13:22   来源:新华社

JUDUL: Pembangunan terkoordinasi kawasan Beijing-Tianjin-Hebei ciptakan pendorong pertumbuhan baru

DATELINE: 26 Februari 2023

DURASI: 00:02:44

LOKASI: Beijing

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan kawasan Beijing-Tianjin-Hebei

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): ZHU TIANZHU, Asisten direktur, Komite Manajemen Zona Ekonomi Bandar Udara Internasional Daxing Beijing

3. Berbagai cuplikan kawasan Beijing-Tianjin-Hebei

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): CUI CHANGKUAN, Manajer proyek

5. Berbagai cuplikan kawasan Beijing-Tianjin-Hebei

 

STORYLINE:

Sembilan tahun setelah China meluncurkan strategi kunci untuk membangun klaster kota regional Beijing-Tianjin-Hebei, pembangunan terkoordinasi di Beijing dan kawasan sekitarnya berjalan dengan pesat.

Seiring berbagai upaya besar dilakukan untuk membebaskan Beijing dari fungsi-fungsi nonesensial dalam perannya sebagai ibu kota negara, manfaat nyata juga dibawa ke Tianjin dan Hebei.

Sebanyak 6.900 proyek investasi perusahaan-perusahaan di Beijing telah diperkenalkan ke Tianjin selama sembilan tahun terakhir, dan jumlah investasi yang dilakukan telah menembus angka 1,2 triliun yuan (1 yuan = Rp2.193).

Kisah serupa juga terjadi di Kawasan Baru Xiongan di Provinsi Hebei, yang menjadi penerima utama dari fungsi-fungsi yang sebelumnya diletakkan di Beijing.

Tahun ini, Hebei berencana menyerap 30 anak perusahaan tingkat kedua dan ketiga dari perusahaan-perusahaan pusat untuk menempati Xiongan.

Di Zona Ekonomi Bandar Udara Internasional Daxing Beijing yang berada di persimpangan Distrik Daxing, Beijing, dan Langfang di Provinsi Hebei, perusahaan dan talenta juga terus berdatangan.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): ZHU TIANZHU, Asisten direktur, Komite Manajemen Zona Ekonomi Bandar Udara Internasional Daxing Beijing

"Kami akan mengadopsi model yang mirip dengan yang diusulkan oleh wilayah Gu'an (di Hebei). Misalnya, beberapa perusahaan dapat mendaftarkan departemen penelitian dan pengembangan mereka di sini, dan menempatkan pabrik mereka di kawasan-kawasan industri di Gu'an atau bagian lain dari Hebei. Kedua, mengenai talenta. Personel investasi dari Hebei dapat bekerja sama dengan biro perdagangan kami. Kami dapat bekerja sama untuk mengamankan proyek dan memberikan lebih banyak pilihan bagi perusahaan."

Dalam pembangunan terkoordinasi regional, transportasi yang nyaman menjadi bagian yang sangat penting.

Sebuah "lingkaran lalu lintas satu jam" kini tersedia antara Beijing, Tianjin, dan kota-kota di Hebei, yang sangat memudahkan pekerjaan dan kehidupan warga.

Sebuah jalur kereta baru yang menghubungkan Tianjin dengan Beijing juga akan beroperasi tahun ini.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): CUI CHANGKUAN, Manajer proyek

"Hingga saat ini, kami menyelesaikan 59 kilometer peletakan rel untuk jalur kereta yang menghubungkan Tianjin dan Daxing. Dan proyek-proyek lainnya sedang didorong dengan cepat dengan laju dua kilometer per hari."

Pada saat yang sama, layanan bus ekspres khusus Beijing-Tianjin-Hebei terus menambahkan rute-rute baru, yang menguntungkan banyak komuter di kawasan tersebut.

Kawasan Beijing-Tianjin-Hebei juga mencatatkan kualitas udara yang lebih baik dan bauran energi yang lebih berkelanjutan.

Ke depannya, lebih banyak upaya dilakukan untuk menciptakan model dengan struktur ekonomi yang lebih baik, lingkungan yang lebih bersih, dan layanan publik yang lebih optimal.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beijing.

(XHTV)

【记者:Zhang Shuo,Wang Pu,Xu Jian 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/69f1a4beb1946cfba88587df2a24f820/1677500005815

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD