Teks lengkap: Posisi China dalam penyelesaian politik krisis Ukraina (Bagian 2)

2023-02-24 18:28:58   来源:新华社

6. Melindungi warga sipil dan tawanan perang. Pihak-pihak yang berkonflik harus mematuhi dengan ketat hukum humaniter internasional, menghindari menyerang warga sipil atau fasilitas sipil, melindungi perempuan, anak-anak, dan korban konflik lainnya, serta menghormati hak-hak dasar tawanan perang. China mendukung pertukaran tawanan perang antara Rusia dan Ukraina, dan menyerukan semua pihak terkait untuk menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan untuk tujuan ini.

7. Menjaga keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). China menentang serangan bersenjata terhadap fasilitas PLTN atau fasilitas nuklir damai lainnya, dan meminta semua pihak untuk mematuhi hukum internasional termasuk Konvensi Keselamatan Nuklir (Convention on Nuclear Safety/CNS) dan dengan tegas menghindari kecelakaan nuklir akibat ulah manusia. China mendukung Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) dalam memainkan peran konstruktif untuk mempromosikan keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir damai.

8. Meminimalisasi segala risiko strategis. Senjata nuklir tidak boleh digunakan dan perang nuklir tidak boleh dilakukan. Ancaman atau penggunaan senjata nuklir harus ditentang. Proliferasi nuklir harus dicegah dan krisis nuklir harus dihindari. China menentang penelitian, pengembangan, dan penggunaan senjata kimia maupun biologi oleh negara mana pun dalam kondisi apa pun.

9. Memfasilitasi ekspor biji-bijian. Semua pihak perlu mengimplementasikan Inisiatif Biji-Bijian Laut Hitam yang ditandatangani oleh Rusia, Turkiye, Ukraina, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara penuh dan efektif secara seimbang, dan mendukung PBB dalam memainkan peran penting terkait hal ini. Inisiatif kerja sama ketahanan pangan global yang diusulkan oleh China memberikan solusi yang layak untuk krisis pangan global.

10. Menghentikan sanksi sepihak. Sanksi sepihak dan tekanan maksimum tidak dapat menyelesaikan masalah, melainkan hanya menciptakan masalah baru. China menentang sanksi sepihak yang tidak disahkan oleh Dewan Keamanan PBB. Negara-negara terkait harus berhenti menyalahgunakan sanksi sepihak dan "yurisdiksi lengan panjang" terhadap negara-negara lain, sehingga dapat melakukan bagian mereka dalam mengurangi krisis Ukraina dan menciptakan kondisi yang mendukung bagi negara-negara berkembang untuk menumbuhkan perekonomian dan kehidupan rakyat mereka menjadi lebih baik.

11. Menjaga stabilitas industri dan rantai pasokan. Semua pihak harus sungguh-sungguh menjaga sistem perekonomian dunia yang ada dan menentang penggunaan ekonomi dunia sebagai alat atau senjata untuk kepentingan politik. Diperlukan upaya bersama untuk memitigasi limpahan krisis dan mencegahnya mengganggu kerja sama internasional di bidang energi, keuangan, perdagangan pangan, dan transportasi, serta mencegahnya merusak pemulihan ekonomi global.

12. Mengedepankan rekonstruksi pascakonflik. Komunitas internasional perlu mengambil langkah-langkah untuk mendukung rekonstruksi pascakonflik di zona-zona konflik. China siap memberikan bantuan dan memainkan peran konstruktif dalam upaya ini.  Selesai

【记者:Wang Huihui 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/0a3c552b4af7303de667bfc701b25963/1677234541868

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD