Badan pariwisata PBB sambut pemulihan pariwisata China

2023-02-24 10:04:38   来源:新华社

Para wisatawan China berfoto bersama di depan landmark Monumen Singa di Lucerne, Swiss, pada 13 Februari 2023. (Xinhua/Lian Yi)

   Organisasi Pariwisata Dunia PBB menyoroti pentingnya pembukaan kembali China, mengingat pengaruh besar negara itu bagi pasar pariwisata global.

   MADRID, 23 Februari (Xinhua) -- Peresmian pembukaan kembali China untuk pariwisata setelah pandemi COVID-19 dihadiri oleh delegasi dari Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations World Tourism Organization/UNWTO) pada Rabu (22/2).

   Delegasi itu melakukan perjalanan dari Madrid, ibu kota Spanyol, ke Hangzhou, ibu kota Provinsi Zhejiang di China timur.

   "Pembukaan kembali China ini merupakan 'bagian yang hilang' dalam pemulihan pariwisata dunia pascakrisis terburuk dalam sejarahnya," kata UNWTO pada Kamis (23/2).

   Organisasi tersebut menyoroti pentingnya pembukaan kembali China, mengingat pengaruh besar negara itu bagi pasar pariwisata global.

Orang-orang berjalan melewati markas Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations World Tourism Organization/UNWTO) di Madrid, Spanyol, pada 27 April 2022. (Xinhua/Meng Dingbo)

   Pada 2019, sebelum pandemi, China menjadi pasar wisata outbound terbesar di dunia. Para wisatawan China melakukan 166 juta perjalanan internasional, dan menghabiskan 270 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.219), yang membantu perekonomian negara-negara berkembang.

   Menurut data UNWTO, pendapatan dari wisatawan senilai hampir 3 triliun dolar AS lenyap secara global antara 2020 dan 2022 akibat pandemi. Oleh karena itu, organisasi itu yakin bahwa pencabutan pembatasan perjalanan China akan menguntungkan seluruh dunia.

   Hal tersebut juga akan berdampak positif bagi China, mengingat warga China melakukan 6 miliar perjalanan domestik pada 2019. Itu menunjukkan bahwa pariwisata merupakan pendorong utama lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi bagi banyak komunitas pedesaan di China.

Para wisatawan berpose untuk difoto di sebuah resor ski di Altay, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 30 Desember 2022. (Xinhua/Hu Huhu)

   Efek trickle-down dari pembukaan kembali China juga akan menguntungkan sektor ekonomi lainnya, membantu menciptakan dinamisme yang lebih besar di tingkat lokal, nasional, dan global, menurut UNTWO.

   Organisasi tersebut akan bergabung dengan para pemimpin dari sektor publik dan swasta, termasuk Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China Luo Shuang, untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia.

   UNWTO juga akan menghadiri persiapan Forum Ekonomi Pariwisata Global edisi ke-10, yang akan diadakan di Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Makau di China pada September mendatang.  Selesai

【记者:P AulGiblin,Lian Yi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/835540acbec8f890d51c8ddfa60ba0ca/1677204281742

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD