China desak AS berhenti interogasi, usik, dan pulangkan mahasiswa China

2023-02-23 18:57:37   来源:新华社

   BEIJING, 22 Februari (Xinhua) -- China mendesak Amerika Serikat (AS) untuk berhenti menginterogasi, mengusik, atau memulangkan mahasiswa China di AS, serta menghindari insiden serupa terulang kembali, kata seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China pada Rabu (22/2).

   Pernyataan tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kemenlu China Wang Wenbin dalam taklimat pers harian saat menjawab pertanyaan tentang seorang mahasiswa China yang memegang visa sah keluaran pemerintah AS dan berencana melakukan riset kanker di AS, tetapi ditolak masuk dan dipulangkan oleh pihak AS.

   "Kami mengetahui hal ini dan menyatakan keprihatinan mendalam kami atas kasus tersebut, yang mengimbuh kasus pelecehan dan perundungan sewenang-wenang oleh departemen penegakan hukum AS terhadap mahasiswa China," ujar Wang. "Kami telah mengajukan demarkasi yang kuat ke pihak AS."

   Pertukaran antarmasyarakat membentuk fondasi bagi dukungan publik terhadap hubungan China-AS, di mana pertukaran akademik, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bagian yang penting, tutur Wang.

   Pihak AS mengklaim akan menyambut baik mahasiswa China, tetapi kenyataannya mereka justru meneruskan praktik yang salah dari pemerintahan sebelumnya yang sengaja membatasi dan menghalangi rencana mahasiswa China untuk belajar atau melakukan riset di AS, lanjut Wang.

   "Ini sangat merugikan hak dan kepentingan sah mahasiswa China di AS serta merusak pertukaran antarmasyarakat yang normal dan kerja sama pendidikan antara kedua negara," ungkapnya.

   "Kami mendesak pihak AS agar sungguh-sungguh menyambut baik mahasiswa China sebagaimana yang telah dikatakannya, mencabut Proklamasi 10043 yang bias dan diskriminatif, berhenti melebih-lebihkan konsep keamanan nasional, berhenti menginterogasi, mengusik, atau memulangkan mahasiswa China di AS, serta menghindari insiden serupa terulang kembali," papar Wang.

   Dia mengatakan bahwa China akan terus mendukung mahasiswanya dalam membela hak dan kepentingan mereka yang sah dan sesuai hukum berdasarkan undang-undang, serta mengingatkan mahasiswa China yang berangkat ke AS agar memperhatikan risiko tersebut.  Selesai

【记者:Cao Jiayue 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/9d89adcbfdc9980173b56e1684af3eb1/1677149859918

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD