Insiden kereta tergelincir di Ohio AS picu kekhawatiran soal lingkungan, kesehatan, dan hukum jangka panjang

2023-02-17 15:00:54   来源:新华社

JUDUL: Insiden kereta tergelincir di Ohio AS picu kekhawatiran soal lingkungan, kesehatan, dan hukum jangka panjang

DATELINE: 16 Februari 2023

DURASI: 00:02:16

LOKASI: NEW YORK, AS

KATEGORI: MASYARAKAT/HIBURAN

 

SHOTLIST:

1. STANDUP (Bahasa Inggris): XIA LIN, Koresponden Xinhua

 

STORYLINE:

STANDUP (Bahasa Inggris): XIA LIN, Koresponden Xinhua

"Warga setempat mencemaskan kesehatan mereka dan kekhawatiran meningkat perihal dampak lingkungan, setelah sekitar 50 gerbong kereta barang Norfolk Southern, termasuk sedikitnya 10 di antaranya yang mengangkut bahan-bahan berbahaya, tergelincir pada 3 Februari lalu di Desa East Palestine, Ohio.

Tidak ada korban luka dalam insiden tergelincirnya kereta itu, yang menurut pihak penyelidik disebabkan oleh poros roda yang patah. Khawatir akan terjadi ledakan besar, pihak otoritas telah menetapkan zona evakuasi dan melakukan pelepasan gas beracun secara terkendali guna menetralkan kargo yang terbakar.

'Kepulan asap, pertanyaan soal hewan yang mati, kekhawatiran perihal air minum. Tergelincirnya kereta di Ohio dan terbakarnya beberapa bahan kimia berbahaya akibat insiden itu membuat orang-orang bertanya: Seberapa besar mereka harus khawatir?', seperti dilaporkan The Associated Press pada 15 Februari.

Kekhawatiran soal kualitas udara dan bahan-bahan kimia berbahaya yang diangkut kereta tersebut mendorong beberapa penduduk meninggalkan desa itu dan mengajukan gugatan federal untuk memaksa operator kereta tersebut melakukan pemantauan kesehatan bagi penduduk di negara bagian Ohio dan Pennsylvania.

Bahkan di komunitas-komunitas di luar East Palestine, beberapa penduduk menyampaikan kekhawatiran mereka tentang dampak jangka panjang dari paparan dalam tingkat rendah sekalipun atas kontaminan dari lokasi tersebut. 'Para penduduk di daerah itu mengeluh sakit kepala dan merasa sakit sejak insiden tergelincirnya kereta tersebut,' lapor harian The New York Times pada 15 Februari. 

Beberapa penduduk mengatakan bahwa ikan dan katak mati di sungai-sungai setempat dan warga telah membagikan foto-foto hewan yang mati atau menuturkan mereka mencium bau kimia di sekitar kota. 

Sepuluh hari setelah tergelincirnya kereta itu, Senator Ohio J.D. Vance, yang berasal dari Partai Republik, mencuit di Twitter bahwa hal itu merupakan 'bencana lingkungan yang kompleks' yang memerlukan studi jangka panjang."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari New York, AS.

(XHTV)

【记者:Xia Lin,Zhang Mocheng,Zhang Yanfeibaodaoyuan 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/93748717d0b5609571639e493332d50c/1676617256793

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD