Jubir Kemenlu China: China akan ambil langkah balasan terhadap entitas AS yang rongrong kedaulatan dan keamanan China

2023-02-16 08:57:03   来源:新华社

   BEIJING, 15 Februari (Xinhua) -- China akan mengambil langkah-langkah balasan sesuai dengan hukum terhadap entitas-entitas Amerika Serikat (AS) terkait yang telah merongrong kedaulatan dan keamanan China, sebagai respons atas sanksi AS terhadap perusahaan dan institusi China. Demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) China Wang Wenbin di Beijing, pada Rabu (15/2).

   Dalam sebuah konferensi pers harian, Wang mengatakan bahwa masuknya balon udara sipil nirawak China ke zona udara AS merupakan kejadian yang sama sekali tidak disengaja, tidak terduga, dan terisolasi yang disebabkan oleh keadaan memaksa yang terjadi di luar kendali (force majeure), dan bahwa pihak China telah berulang kali mengomunikasikan hal ini ke pihak AS.

   Namun, AS bereaksi berlebihan dengan menyalahgunakan penggunaan kekuatan dan memperburuk situasi, ujar Wang, seraya menambahkan bahwa AS menggunakan insiden itu sebagai alasan untuk menjatuhkan sanksi ilegal terhadap perusahaan dan institusi China.

   "China dengan tegas menentang hal ini dan akan mengambil langkah balasan sesuai dengan hukum terhadap entitas-entitas AS terkait yang telah merongrong kedaulatan dan keamanan China untuk melindungi kedaulatan serta hak dan kepentingan China yang sah," ungkap Wang.  Selesai

【记者:Xu Ke 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/a58ca5495d8c064cf9110662f8981993/1676509025073

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD