Pelabuhan perbatasan China-Mongolia catat peningkatan volume kargo

2023-02-15 18:08:26   来源:新华社

JUDUL: Pelabuhan perbatasan China-Mongolia catat peningkatan volume kargo

DATELINE: 14 Februari 2023

DURASI: 00:01:48

LOKASI: HOHHOT, China

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan kereta kargo

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): SI QIN, Petugas inspeksi perbatasan di pos pemeriksaan Erenhot

3. Berbagai cuplikan kereta kargo

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): YAN WEI, Petugas deklarasi pabean di sebuah perusahaan agen transportasi

 

STORYLINE:

Erenhot, pelabuhan darat terbesar di perbatasan China-Mongolia, membukukan peningkatan volume kargo impor dan ekspor yang signifikan pada Januari tahun ini.

Menurut China Railway Hohhot Group, pelabuhan tersebut mencatat lebih dari 1,42 juta ton kargo impor dan ekspor pada Januari, melonjak lebih dari 90 persen secara tahunan (year on year/yoy). Volume kargo impor dan ekspor pelabuhan itu masing-masing melampaui 1,18 juta ton dan 238.600 ton pada bulan tersebut.

Pada Januari tahun lalu, pelabuhan tersebut menangani volume kargo yang relatif rendah akibat pandemi. Tahun ini, serangkaian langkah diambil oleh China Railway Hohhot Group guna meningkatkan layanan pendukung seperti proses perizinan bea cukai (customs clearance) kargo, pemeriksaan kereta, dan operasi pemuatan ulang.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): SI QIN, Petugas inspeksi perbatasan di pos pemeriksaan Erenhot

"Jumlah truk masuk dan keluar berada di angka sekitar 280 truk per hari. Kami menawarkan layanan 'jalur khusus' dan 'jalur hijau' untuk pengangkutan kargo berukuran besar dan produk pertanian segar, guna meningkatkan efisiensi customs clearance dan membantu perusahaan mengamankan pesanan serta menstabilkan ekspor."

Di pelabuhan itu, penumpang yang masuk dan pengemudi truk barang dapat menggunakan ponsel mereka untuk membuat deklarasi terlebih dahulu melalui aplikasi yang disediakan oleh bea cukai.

Bea Cukai juga memperkenalkan berbagai peralatan pemeriksaan non-invasif untuk pemeriksaan bagasi, yang meningkatkan efisiensi customs clearance dan membuat segalanya lebih nyaman bagi penumpang.

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): YAN WEI, Petugas deklarasi pabean di sebuah perusahaan agen transportasi

"Sekarang waktu pengurusan customs clearance berkurang secara signifikan, dan biaya customs clearance dapat dihemat sekitar 30 persen. Pada Januari, kami mengekspor lebih dari 100 unit kendaraan."

Kini, pelabuhan yang terletak di Daerah Otonom Mongolia Dalam, China utara, itu melayani 64 rute kereta kargo China-Eropa, yang menghubungkan lebih dari 60 tujuan luar negeri yang tersebar di lebih dari 10 negara.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Hohhot, China.

(XHTV)

【记者:Wang Xuebing,Zhang Sheng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/cf3dba9c739eb23de667bfc701b25963/1676455708705

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD