SAR Hong Kong akan kirim suplai senilai 30 juta dolar Hong Kong ke daerah terdampak gempa di Turkiye

2023-02-15 12:37:24   来源:新华社

Sejumlah anggota Tim Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue/SAR) China melaksanakan tugas penyelamatan di daerah yang terdampak gempa di Antakya, Provinsi Hatay, Turkiye selatan, pada 11 Februari 2023. (Xinhua/Shadati)

   Pemerintah SAR Hong Kong di China telah menyiapkan satu batch barang keperluan darurat termasuk tenda, pakaian, selimut, obat-obatan, dan suplai medis untuk dikirim ke daerah yang terdampak gempa di Turkiye.

   HONG KONG, 15 Februari (Xinhua) -- Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong John Lee pada Selasa (14/2) mengatakan bahwa pemerintah SAR Hong Kong akan mengirimkan suplai bantuan senilai sekitar 30 juta dolar Hong Kong (1 dolar Hong Kong = Rp1.932) atau sekitar 3,82 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.168) ke sejumlah daerah yang terdampak gempa di Turkiye.

Para anggota Tim Blue Sky Rescue (BSR), regu bantuan sipil China, bekerja sama dengan mitra lokal dalam tugas penyelamatan di daerah yang terdampak gempa di Provinsi Malatya, Turkiye, pada 13 Februari 2023. (Xinhua/Shadati)

   Dalam konferensi pers sebelum pertemuan Dewan Eksekutif, Lee mengatakan bahwa pemerintah SAR Hong Kong telah menyiapkan satu batch barang keperluan darurat termasuk tenda, pakaian, selimut, obat-obatan, dan suplai medis untuk dikirim ke daerah yang terdampak gempa di Turkiye.

   Lebih dari 100 ton suplai yang disumbangkan oleh warga Hong Kong dikirim ke Turkiye pada Senin (13/2) malam, katanya.

   Jumlah korban tewas akibat gempa bumi di Turkiye bertambah menjadi 31.643 orang, kata badan penanganan bencana negara itu seperti dikutip oleh kantor berita Turkiye Anadolu pada Senin. Total korban jiwa setelah digabungkan dengan jumlah korban di negara tetangga, Suriah, pun bertambah menjadi lebih dari 35.000, dengan puluhan ribu orang mengalami luka-luka.

Foto memperlihatkan reruntuhan bangunan yang hancur akibat gempa bumi di Antakya di Provinsi Hatay, Turkiye selatan, pada 12 Februari 2023. (Xinhua/Shadati)

   Pemerintah SAR Hong Kong pada 8 Februari lalu mengirim tim pencarian dan penyelamatan yang beranggotakan 59 orang, termasuk sejumlah petugas dari berbagai departemen seperti keamanan, pemadam kebakaran, imigrasi, dan kesehatan, ke daerah yang terdampak gempa di Turkiye.

   Lee mengatakan bahwa dia mengapresiasi tim penyelamat SAR Hong Kong yang telah membantu operasi pencarian dan penyelamatan di Turkiye, dengan empat orang penyintas telah berhasil diselamatkan.  Selesai

【记者:Huang Qiantian,Liu Mingyang,Sha Dati,Blue Sky Rescue Team 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/73c504a6bd17be2b68f5cbff68a3a7e8/1676435847614

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD