Siswi SMA Pakistan terima video balasan dari astronaut China

2023-02-14 16:48:18   来源:新华社

JUDUL: Siswi SMA Pakistan terima video balasan dari astronaut China

DATELINE: 13 Februari 2023

DURASI: 00:02:06

LOKASI: Islamabad

KATEGORI: POLITIK/SAINS

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan upacara

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): AASIYA ISMAIL, Siswi SMA Pakistan

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIU BOMING, Astronaut China

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): AASIYA ISMAIL, Siswi SMA Pakistan

 

STORYLINE:

Seorang siswi sekolah menengah atas (SMA) Pakistan belum lama ini menerima video balasan dari astronaut China Liu Boming atas surat yang dikirimkannya kepada para astronaut China.

Saat menghadiri upacara yang diadakan baru-baru ini untuk merayakan benih Pakistan yang dibawa pulang dari Stasiun Antariksa China, siswi bernama Aasiya Ismail itu menuturkan tentang komunikasinya dengan astronaut China.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): AASIYA ISMAIL, Siswi SMA Pakistan

"Saya ingin mengetahui bagaimana astronaut dapat bernapas di luar angkasa. Apakah lingkungan luar angkasa memiliki efek mental pada astronaut? Apakah pembakaran terjadi pada astronaut di stasiun luar angkasa? Bagaimana jika seorang astronaut ingin membuat ikan bakar di luar angkasa?"

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIU BOMING, Astronaut China

"Dear Aasiya Ismail. Saya Liu Boming, seorang astronaut China. Saya sangat gembira dapat menerima surat Anda. Seperti kita ketahui, manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas. Di stasiun luar angkasa, oksigen dihasilkan oleh elektrolisis air. Lingkungan atmosfer di dalam kabin sama dengan di Bumi, sehingga mudah untuk bernapas. Api terbuka apa pun dilarang di stasiun luar angkasa, jadi jika Anda ingin membakar ikan, Anda memerlukan instalasi terpisah yang terinsulasi dari lingkungan pernapasan kabin."

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): AASIYA ISMAIL, Siswi SMA Pakistan

"Saya sungguh gembira, dan sangat berterima kasih. Saya juga sangat kagum dengan kerendahan hati astronaut, dan saya tidak mengira akan mendapatkan jawaban seperti itu. Dia menjawab semua pertanyaan saya. Saya terpesona. Secara keseluruhan, ini pengalaman yang luar biasa." 

China membantu Pakistan membawa tujuh benih herbal ke stasiun luar angkasa China untuk melakukan pembibitan di luar angkasa dengan memaparkan benih-benih tersebut ke radiasi kosmik dan mikrogravitasi untuk memutasi gen mereka.

Benih tersebut diluncurkan ke luar angkasa dengan dibawa oleh pesawat luar angkasa Shenzhou-14 pada 5 Juni 2022. Setelah enam bulan di luar angkasa, benih tersebut dibawa pulang ke Bumi bersama awak Shenzhou-14 pada 4 Desember tahun lalu.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Islamabad.

(XHTV)

【记者:Wang Huan,Jiang Jiang,Ali Jaswal,Tariq Hameed 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/2a6377ca4328d86ae667bfc701b25963/1676364500799

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD