China salurkan bantuan ke Turkiye yang dilanda gempa

2023-02-13 17:51:30   来源:新华社

JUDUL: China salurkan bantuan ke Turkiye yang dilanda gempa

DATELINE: 12 Februari 2023

DURASI: 00:01:23

LOKASI: ISTANBUL, Turkiye

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST: 

1. STANDUP (Bahasa Inggris): ZEYNEP CERMEN, Reporter Xinhua

2. Berbagai cuplikan Bandar Udara Istanbul di Turkiye

3. Berbagai cuplikan sebuah pesawat kargo Turkiye dan bahan bantuan

4. Berbagai cuplikan tim SAR China berupaya mengidentifikasi penduduk di Hatay, Turkiye

 

STORYLINE: 

STANDUP (Bahasa Inggris): ZEYNEP CERMEN, Reporter Xinhua

"China terus menyalurkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi dan membantu para penyintas di Turkiye. Sebuah pesawat kargo maskapai Turkish Airlines yang mengangkut bantuan batch pertama (dari China) berupa 40.000 buah selimut mendarat di Bandar Udara Istanbul pada Sabtu (11/2) sore waktu setempat, setelah lepas landas dari Bandar Udara Pudong di Shanghai.

Dalam beberapa hari mendatang, sebanyak 1.000 set tenda katun, mesin elektrokardiograf, perangkat diagnostik ultrasonik, kendaraan transportasi medis, dan ranjang rumah sakit manual akan dikirim dalam beberapa batch dari China.

Dua gempa bumi bermagnitudo 7,7 dan 7,6 mengguncang Turkiye bagian selatan pada Senin (6/2) dan menghancurkan hampir 10 provinsi di negara itu.

Segera setelah bencana itu terjadi, beberapa produsen mesin konstruksi China yang beroperasi di Turkiye, seperti Zoomlion dan Sany Group, langsung mengirimkan mesin konstruksi mereka ke daerah yang dilanda gempa bumi untuk mendukung operasi penyelamatan.

Beberapa tim pencarian dan penyelamatan China juga bekerja di zona gempa sepanjang waktu untuk menyelamatkan korban yang terjebak di bawah puing-puing banyak bangunan.

Selain itu, beberapa asosiasi China di Istanbul juga mengirimkan bahan bantuan, seperti selimut berlapis (quilt), selimut, dan mantel yang dibutuhkan di daerah gempa. Beberapa dari asosiasi tersebut membangun rumah-rumah kontainer bagi masyarakat setempat."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Istanbul, Turkiye.

(XHTV)

【记者:Wang Feng,S AfarRajabov,Zeynep Cermen 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/fd24b0b7c26e5bb7e667bfc701b25963/1676281892823

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD