Korban tewas akibat gempa di Turkiye dan Suriah diperkirakan akan terus bertambah

2023-02-08 19:13:05   来源:新华社

JUDUL: Korban tewas akibat gempa di Turkiye dan Suriah diperkirakan akan terus bertambah

DATELINE: 8 Februari 2023

DURASI: 00:01:28

LOKASI: Ankara/Damaskus

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST: 

1. Berbagai cuplikan gempa bumi di Turkiye dan Suriah

2. Berbagai cuplikan pascagempa di Turkiye

3. Berbagai cuplikan pascagempa di Suriah

 

STORYLINE: 

Gempa bumi dahsyat mengguncang sejumlah wilayah di Turkiye dan Suriah pada Senin (6/2).

Pada Selasa (7/2), jumlah korban tewas akibat gempa bumi tersebut bertambah menjadi lebih dari 5.800 orang di Turkiye dan setidaknya 2.470 orang di Suriah.

Lebih dari 36.000 orang luka-luka di kedua negara.

Pihak berwenang mengatakan bahwa jumlah korban tewas diperkirakan akan terus bertambah karena operasi penyelamatan terhambat oleh cuaca buruk.

Provinsi Hatay di Turkiye selatan dan Kota Aleppo di Suriah utara melaporkan korban jiwa terbanyak, sementara Lebanon, Israel, dan Siprus juga merasakan getaran gempa tersebut.

Presiden Turkiye Recep Tayyip Erdogan pada Selasa mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan di 10 provinsi negara tersebut yang diguncang gempa.

Keputusan tersebut diambil agar aktivitas pencarian dan penyelamatan serta kajian selanjutnya dapat dilakukan dengan cepat.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Suriah pada Selasa yang sama mengecam sanksi Amerika Serikat (AS) karena menghambat pekerjaan kemanusiaan dan operasi penyelamatan di negara yang tercabik perang itu.

Dalam sebuah pernyataan, pihak Kemenlu Suriah mengatakan bahwa warga Suriah, yang sedang menghadapi bencana gempa bumi, menggali puing-puing dengan tangan kosong atau menggunakan alat paling sederhana karena peralatan untuk memindahkan puing-puing dilarang oleh sanksi AS.

Selain itu, dikatakan juga bahwa warga Suriah juga tidak diberi akses terhadap obat-obatan dan peralatan medis yang dapat membantu mereka menghadapi bahaya dan penyakit.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Ankara, Damaskus.

(XHTV)

【记者:Shuai Anning,Sevil Erkus,Wang Jian,Li Zhenbei,Sha Dati,Wang Jian,Wang Jian 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/57571abefe1d03dbe667bfc701b25963/1675854788947

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD