Menlu Mesir tekankan pencegahan campur tangan asing dalam proses politik Libya

2023-02-08 18:16:01   来源:新华社

JUDUL: Menlu Mesir tekankan pencegahan campur tangan asing dalam proses politik Libya

DATELINE: 8 Februari 2023

DURASI: 00:00:40

LOKASI: Kairo

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan Kementerian Luar Negeri di Kairo

2. Berbagai cuplikan pertemuan terkait

 

STORYLINE:

Menteri Luar Negeri (Menlu) Mesir Sameh Shoukry pada Selasa (7/2) menggarisbawahi pentingnya menghentikan campur tangan asing dalam proses politik Libya.

Dalam pertemuan dengan Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Libya Abdoulaye Bathily yang bertujuan mencari cara untuk mendorong kemajuan dalam proses politik di Libya, Shoukry meminta semua pihak terkait untuk mendukung warga Libya dalam mencapai konsensus, kata Kementerian Luar Negeri Mesir dalam sebuah pernyataan.

Kedua diplomat sepakat untuk mencapai konsensus atas proses politik yang dapat memastikan pelaksanaan pemilihan presiden dan parlemen Libya serta mengusir kelompok asing dan tentara bayaran dari Libya dalam jangka waktu tertentu.

Shoukry juga meninjau kemajuan dalam mencapai kerangka konstitusional untuk membuka jalan bagi pemilihan presiden dan parlemen di Libya dalam pertemuan yang ditengahi PBB yang digelar di Mesir.   

Bathily memuji Mesir atas upayanya mengatasi krisis Libya dan mengadakan pertemuan bagi faksi-faksi politik Libya untuk mencapai kerangka konstitusional untuk pemilihannya.

"Solusinya ada di tangan rakyat Libya," kata utusan PBB tersebut, menyerukan semua pihak di Libya untuk menunjukkan fleksibilitas atas beberapa masalah yang tersisa mengenai kerangka kerja konstitusional negara itu.

Libya gagal menggelar pemilihan umum pada Desember 2021 seperti yang dijadwalkan sebelumnya karena ketidaksepakatan atas undang-undang pemilihan di antara partai-partai Libya.

Sejak jatuhnya rezim mendiang Muammar Gaddafi pada 2011, Libya kesulitan melakukan transisi demokrasi di tengah meningkatnya kekerasan dan perpecahan politik.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Kairo.

(XHTV)

【记者:Yu Fuqing,Yang Yiran,Bao Jiayishixi 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/7be703baa7dfa04ca88587df2a24f820/1675851364260

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD