Tajuk Xinhua-Fokus Xi: Xi Jinping tekankan upaya pahami dan majukan modernisasi China (Bagian 2)

2023-02-08 15:17:54   来源:新华社

   Pencapaian dan perubahan bersejarah, terutama penghapusan kemiskinan absolut dan tercapainya pembangunan masyarakat yang cukup makmur di segala bidang, telah menghasilkan kelembagaan yang lebih solid, fondasi material yang lebih kuat, dan sumber inspirasi untuk mengambil inisiatif yang lebih besar bagi modernisasi China, imbuh Xi.

   Seraya menyatakan bahwa kepemimpinan Partai merupakan hal yang vital bagi arah, masa depan, dan keberhasilan fundamental modernisasi China, dan mendefinisikan sifat fundamental dari modernisasi China, Xi menyampaikan bahwa hanya dengan menjunjung tinggi kepemimpinan Partai, modernisasi China akan memiliki masa depan yang menjanjikan.

   Xi menekankan bahwa proses modernisasi sebuah negara perlu mengikuti prinsip umum modernisasi, namun harus disesuaikan dengan realitasnya dan ditandai oleh elemen-elemen yang unik dalam konteksnya.

   Mengutip laporan Kongres Nasional CPC ke-20, Xi menuturkan bahwa modernisasi China ditandai oleh lima elemen yang unik dalam konteks China. Modernisasi China merupakan modernisasi terhadap populasi yang sangat besar, terhadap kesejahteraan umum bagi semua pihak, terhadap kemajuan material dan budaya-etika, terhadap keharmonisan antara manusia dan alam, serta terhadap pembangunan yang damai.

   Xi memaparkan bahwa modernisasi China merupakan model baru untuk kemajuan umat manusia, dan modernisasi China mematahkan mitos bahwa "modernisasi sama dengan Westernisasi", menyajikan gambaran modernisasi yang berbeda, memperluas jalur-jalur bagi negara berkembang untuk mencapai modernisasi, dan memberikan solusi ala China untuk membantu mengeksplorasi sistem sosial yang lebih baik bagi umat manusia.

   Memajukan modernisasi China adalah upaya sistematis, demikian Xi menekankan, seraya menambahkan bahwa hal itu juga merupakan upaya eksploratif.

   Begitu strategi telah diformulasikan, strategi tersebut harus dipatuhi dalam jangka panjang, tutur Xi, seraya menambahkan bahwa arah yang tepat bagi modernisasi China harus dipastikan.

   Xi mengatakan inovasi harus ditempatkan di posisi utama dalam pembangunan nasional secara keseluruhan, dan beragam upaya harus dilakukan untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi dibandingkan kapitalisme sembari mempertahankan kesetaraan di tengah masyarakat secara lebih efektif.

   Dia juga mendesak lebih banyak upaya untuk memperluas keterbukaan berstandar tinggi dan secara mendalam melibatkan negara dalam divisi industri global tenaga kerja dan kerja sama.

   "Perjuangan dalam mendorong modernisasi China, yang merupakan upaya pertama yang belum pernah dilakukan sebelumnya, pasti akan menghadapi segala macam risiko, tantangan, kesulitan, dan bahkan badai yang berbahaya, yang beberapa di antaranya dapat kita perkirakan sementara yang lainnya tidak," kata Xi. "Mari kita kerahkan semangat juang kita yang gigih untuk membuka cakrawala baru bagi perjuangan kita."

   Xi menekankan pentingnya pekerjaan pada tahun ini untuk memajukan modernisasi China. Keputusan dan rencana yang dibuat oleh Komite Sentral CPC harus diimplementasikan sepenuhnya dan beragam upaya harus dilakukan untuk mencapai peningkatan ekonomi secara keseluruhan, imbuh Xi.

   Memimpin pembukaan dalam sesi itu, Li Qiang mengatakan bahwa pidato penting yang disampaikan oleh Xi telah memperkaya dan mengembangkan teori modernisasi China dan harus dipelajari dan dipahami dengan cermat. Dia menyerukan agar semua pihak berpikir dan bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip pedoman dalam pidato tersebut.  Selesai

【记者:Wang Xiaopeng,Wang Di,Jia Zhao,Fu Shuangqi,Yang Qi,Cao Pengyuan,Ji Xiaodong,Zhang Yuyangyidu,Cao Pengyuanyidu,Tian Zijundayeyidu 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/6b95a8df6be87613d51c8ddfa60ba0ca/1675840677869

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD