Menengok tradisi kuno pertunjukan Shehuo yang populer di China barat laut

2023-02-07 18:00:12   来源:新华社

JUDUL: Menengok tradisi kuno pertunjukan Shehuo yang populer di China barat laut

DATELINE: 7 Februari 2023

DURASI: 00:00:31

LOKASI: GUYUAN, China

KATEGORI: BUDAYA/MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan pertunjukan Shehuo

 

STORYLINE:

Shehuo, sebuah acara mirip karnaval, digelar di wilayah Longde, Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, China barat laut, pada perayaan Festival Lampion, yang tahun ini jatuh pada 5 Februari.

Festival Lampion adalah perayaan yang menandai berakhirnya Festival Musim Semi selama 15 hari, yang umumnya dimeriahkan dengan pertunjukan Shehuo, atau lagu dan tarian tradisional China di berbagai wilayah di negara itu.

Selama perayaan tersebut, para penampil menyuguhkan aksi berjalan dengan egrang, tari barongsai, dan berbagai tarian rakyat dengan iringan genderang, yang juga dimeriahkan dengan penyalaan petasan. Masyarakat setempat menunjukkan antusiasme yang begitu luar biasa pada acara tahun ini, karena perayaan serupa sempat absen selama tiga tahun terakhir akibat wabah COVID-19.

Lebih dari 2.000 orang, termasuk anak-anak, turut menyaksikan pertunjukan itu. Para penampil dipercaya memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

"Kami mengharapkan tahun baru yang luar biasa setelah perayaan ini," kata seorang warga setempat bernama Ma Jun.

Pertunjukan kuno parade Shehuo sangat populer di daerah pedesaan di seluruh China. Tradisi yang berusia sekitar 2.000 tahun ini berawal dari kegiatan pengorbanan kuno untuk memohon panen yang sukses.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Guyuan, China.

(XHTV)

【记者:Lu Ying,Ma Sijia,Wu Qiang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/e14cadfc98302fc673b56e1684af3eb1/1675764015107

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD