Kebun Binatang San Diego AS rayakan Tahun Baru Imlek

2023-02-07 17:49:46   来源:新华社

JUDUL: Kebun Binatang San Diego AS rayakan Tahun Baru Imlek

DATELINE: 6 Februari 2023

DURASI: 00:01:39

LOKASI: LOS ANGELES, AS

KATEGORI: BUDAYA

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan suasana upacara pembukaan acara

 

STORYLINE:

Kebun Binatang San Diego, yang memiliki jumlah pengunjung tahunan terbesar di antara kebun-kebun binatang yang ada di Amerika Serikat (AS), pada Sabtu (4/2) meluncurkan sebuah acara khusus yang berlangsung selama dua hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Paul Baribault, presiden sekaligus CEO San Diego Zoo Wildlife Alliance, dan Konsul Jenderal China di Los Angeles Guo Shaochun menjadi tuan rumah bersama dalam pembukaan acara tersebut.

"Sebagai bagian dari harapan kami untuk Tahun Baru Imlek, kami ingin mendoakan suka cita dan kemakmuran bagi semua sahabat kami. Termasuk semua orang yang hadir di sini hari ini dan mitra-mitra kami di seluruh dunia," kata Baribault kepada Xinhua usai menulis ucapan selamat tahun barunya di atas kartu berkat merah dan menggantungkannya ke ranting "pohon harapan".

Kegiatan-kegiatan interaktif terkait Tahun Baru Imlek turut meramaikan kebun binatang kami, kata Baribault, seraya menambahkan bahwa "kami benar-benar berusaha memanfaatkan momen peralihan ke Festival Lampion dan menggunakannya sebagai momen perayaan di seluruh area kami."

Kepada para pengunjung, staf kebun binatang itu memperkenalkan bahwa tahun 2023 merupakan Tahun Kelinci, dan mereka yang lahir di tahun zodiak ini dikenal tenang, gesit, dan makmur.

Para pengunjung menuliskan harapan mereka di kartu berwarna merah dan menggantungkannya di "pohon harapan" di sepanjang jalan. Mereka juga dapat belajar seni memotong kertas tradisional China dan membuat lampion merah serta kerajinan berbentuk telinga kelinci.

Guo menyoroti kerja sama kebun binatang tersebut dengan mitra-mitranya dari China yang telah berlangsung selama lebih dari 30 tahun dalam proyek penelitian panda raksasa, proyek pertama antara kedua negara.

"Panda raksasa sangat dicintai oleh masyarakat Amerika. Kerja sama dan penelitian di bidang keanekaragaman hayati juga telah mendorong persahabatan dan saling pengertian antara kedua bangsa," tambah Guo.

San Diego Zoo Wildlife Alliance dikenal atas kerja sama globalnya dalam mempromosikan konservasi dan edukasi keanekaragaman hayati, dan memiliki kerja sama jangka panjang dengan China dalam proyek penangkaran dan perlindungan panda raksasa.

Panda bernama "Bai Yun", yang berarti "Awan Putih" dalam bahasa Mandarin, tinggal di Kebun Binatang San Diego selama 23 tahun dan menjadi simbol kebun binatang tersebut. "Baiyun" dan bayi terakhirnya "Xiao Liwu", yang berarti "Hadiah Kecil" dalam bahasa Mandarin, kembali ke kampung halaman mereka di China pada 2019. Namun, paviliun tempat mereka tinggal masih tetap menjadi tempat yang populer bagi pengunjung.

Saat kedua panda itu pulang ke China, pihak kebun binatang mengadakan acara perpisahan selama tiga pekan untuk kepergian mereka, dan sekitar 1.000 warga lokal mengantre di kebun binatang tersebut untuk mengucapkan selamat tinggal.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Los Angeles, Amerika Serikat.

(XHTV)

【记者:Huang Heng,Ceng Huibaodaoyuan 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/927439721fbcb0ab4d19003fa1c4912b/1675763389354

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD