Iran sebut ada "dinamisme diplomatik" dalam negosiasi pengaktifan kembali kesepakatan nuklir

2023-02-07 16:52:37   来源:新华社

JUDUL: Iran sebut ada "dinamisme diplomatik" dalam negosiasi pengaktifan kembali kesepakatan nuklir

DATELINE: 7 Februari 2023

DURASI: 00:02:02

LOKASI: Teheran

KATEGORI: POLITIK

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan konferensi pers mingguan Kementerian Luar Negeri Iran

 

STORYLINE:

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani pada Senin (6/2) mengatakan terdapat "dinamisme diplomatik" melalui saluran-saluran yang berbeda dalam negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 dan menghapus sanksi anti-Iran.

Komunikasi antara pihak-pihak terkait untuk kesepakatan itu terus berlanjut di berbagai tingkat yang berbeda, menurut kantor berita resmi Iran IRNA mengutip pernyataan Kanaani dalam konferensi pers mingguan.

Jubir itu mengungkapkan bahwa Iran selalu menyambut baik upaya yang berlandaskan niat baik dan langkah-langkah yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah dan mencapai kesepakatan nuklir.

Menurut Kanaani, Iran dan Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency/IAEA) masih melakukan kerja sama reguler, selain juga negosiasi yang terus-menerus dan langsung antara utusan Iran dan IAEA di Wina, serta pembicaraan antara para ahli dari kedua belah pihak.

Dia menambahkan bahwa negosiasi akan berlanjut antara kedua belah pihak dalam kerangka kerja teknis.

Iran menandatangani kesepakatan nuklir tersebut, yang resmi dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (Joint Comprehensive Plan of Action/JCPOA), dengan negara-negara besar dunia pada Juli 2015, yang menyepakati pembatasan program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi terhadap negara tersebut.

Namun, AS menarik diri dari kesepakatan itu pada Mei 2018 dan menerapkan kembali sanksi sepihaknya terhadap Teheran, yang mendorong Iran untuk mengabaikan beberapa komitmen nuklirnya di bawah kesepakatan tersebut.

Negosiasi tentang pengaktifan kembali JCPOA dimulai pada April 2021 di Wina.

Namun, belum ada terobosan yang dicapai setelah putaran pembicaraan terbaru pada Agustus 2022.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Teheran.

(XHTV)

【记者:Gao Wencheng 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/4077e79fc98250a073b56e1684af3eb1/1675759959631

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD