Xi Jinping bertemu Presiden Senegal Macky Sall di Bali

2022-11-16 11:25:50   来源:新华社

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Senegal Macky Sall di Bali pada 15 November 2022. (Xinhua/Rao Aimin)

   BALI, 15 November (Xinhua) -- Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Senegal Macky Sall pada Selasa (15/11) sore.

   Xi mengungkapkan bahwa China dan Senegal merupakan mitra penting sekaligus ketua bersama Forum Kerja Sama China-Afrika (Forum on China-Africa Cooperation/FOCAC).

   Dengan upaya bersama dari kedua pihak, tutur Xi, hubungan China-Senegal dan China-Afrika telah mencapai kemajuan besar, dengan kepercayaan politik yang mendalam dan hasil yang bermanfaat dalam kerja sama praktis.

   China akan tetap berpegang teguh pada prinsip ketulusan, hasil nyata, persahabatan dan iktikad baik, serta prinsip mengejar kebaikan dan kepentingan bersama yang lebih besar, dan juga meningkatkan solidaritas dan kerja sama dengan Senegal serta negara-negara Afrika lainnya, untuk bersama-sama membangun komunitas China-Afrika dengan masa depan bersama di era baru, papar Xi.

   China siap terus bergandengan tangan dengan Senegal untuk tetap melangkah di jalan pembangunan dan peremajaan serta saling mendukung dalam masalah kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan, kata Xi.

   Xi mengatakan bahwa China akan terus mendukung Senegal dalam membangun infrastruktur seperti jalan dan kawasan industri, memperluas impor produk pertanian dari Senegal, meningkatkan kerja sama di seluruh rantai industri kacang dan pertanian padi, serta memastikan penerapan langkah-langkah di bawah kerangka kerja FOCAC, kata presiden China.

   China dan Senegal memiliki pandangan yang sangat selaras dalam isu-isu besar seperti menjaga perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama, tutur Xi. China akan bekerja dalam solidaritas dan koordinasi dengan Senegal untuk bersama-sama menegakkan kesetaraan dan keadilan internasional serta kepentingan bersama negara-negara berkembang, dan China secara aktif mendukung Uni Afrika untuk bergabung dengan Kelompok 20 (G20), imbuhnya.

   Presiden Sall sekali lagi menyampaikan ucapan selamat kepada Xi yang kembali terpilih sebagai sekretaris jenderal Komite Sentral Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC), mengatakan bahwa CPC adalah partai besar dengan sejarah yang luar biasa, dan China dihormati secara luas sebagai negara besar yang menjunjung tinggi prinsip, serta menjadi teman setia dan teguh bagi negara-negara Afrika.

   China selalu mendukung Senegal dan negara-negara Afrika lainnya di bidang pertanian, konservasi air, infrastruktur, pendidikan, perawatan medis, dan perang melawan pandemi COVID-19, kata Sall.

   Sall juga berterima kasih kepada China atas bantuannya yang berharga kepada Senegal dan negara-negara Afrika lainnya, dan menjadi yang pertama secara terbuka mendukung Uni Afrika untuk bergabung dengan G20.

Presiden China Xi Jinping bertemu dengan Presiden Senegal Macky Sall di Bali pada 15 November 2022. (Xinhua/Zhang Ling)

   Dia mengatakan bahwa dukungan kuat negara-negara Afrika untuk China dalam masalah terkait Xinjiang sepenuhnya menunjukkan rasa saling percaya yang tinggi dan hubungan tingkat tinggi antara Afrika dan China, menambahkan bahwa Senegal puas dengan kemajuan FOCAC dan siap bekerja dengan China untuk lebih meningkatkan kerja sama di bawah kerangka kerja FOCAC.

   Ding Xuexiang, Wang Yi, dan He Lifeng turut hadir pada pertemuan tersebut.  Selesai

【记者:Liu Bowei,Wang Xinyi,Rao Aimin,Zhang Ling 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/d65fbc080e72fd5273b56e1684af3eb1/1668569156453

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD