China kecam langkah AS untuk desak negara lain bergabung dengan blokade teknologinya

2022-11-08 15:25:47   来源:新华社

   BEIJING, 7 November (Xinhua) -- Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian pada Senin (7/11) mengkritik rencana Amerika Serikat (AS) untuk mendesak Jepang dan Belanda bergabung dengan pihaknya memblokir arus teknologi cip canggih ke China.

   "Ini bukan cara yang akan dilakukan oleh sebuah negara besar yang terbuka dan jujur," kata Zhao dalam konferensi pers rutin ketika diminta mengomentari langkah AS tersebut.

   Namun demikian, tidak ada hal baru perihal cara AS menyalahgunakan kekuatan negara dan keunggulan teknologinya serta memaksa sekutunya dari segi ekonomi hanya untuk mempertahankan kekuatan hegemonik dan kepentingan egoisnya itu, kata Zhao.

   Zhao mengatakan AS terus memolitisasi isu teknologi dan perdagangan, mengubahnya menjadi sebuah alat dan mendasarkannya pada ideologi.

   "Dunia melihat dengan jelas apa yang dilakukan AS. Siapa pun yang mencoba menghalangi jalan pihak lain hanya akan menghalangi jalannya sendiri," katanya.

   Zhao meminta para pihak terkait untuk mengambil sikap yang objektif dan adil, mempertimbangkan kepentingan jangka panjang mereka dan kepentingan fundamental masyarakat internasional, serta mengambil kesimpulan yang tepat dan independen.  Selesai

【记者:Wang Huihui 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/be7e0696613fab70a88587df2a24f820/1667892350279

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD