Xi sebut China akan terus mainkan peran konstruktif dalam mendorong penyelesaian politik krisis Ukraina

2023-03-21 13:38:02   来源:新华社

   MOSKOW, 20 Maret (Xinhua) -- China siap untuk terus memainkan peran konstruktif dalam mendorong penyelesaian politik krisis Ukraina, demikian disampaikan Presiden China Xi Jinping pada Senin (20/3).

   Xi menyampaikan pernyataan tersebut ketika melakukan pertukaran pandangan mendalam tentang isu-isu Ukraina dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

   Xi menekankan bahwa, dalam masalah Ukraina, suara untuk perdamaian dan rasionalitas tengah dibangun. Sebagian besar negara mendukung upaya untuk meredakan ketegangan, mendukung pembicaraan damai, dan menentang upaya yang memperpanas situasi. Tinjauan sejarah menunjukkan bahwa konflik pada akhirnya harus diselesaikan melalui dialog dan negosiasi.

   China merilis sebuah dokumen tentang posisinya dalam krisis Ukraina, menganjurkan penyelesaian politik krisis dan menolak mentalitas Perang Dingin serta sanksi sepihak, kata Xi.

   China percaya bahwa semakin banyak kesulitan yang muncul, semakin besar pula kebutuhan untuk mempertahankan ruang bagi perdamaian. Semakin akut masalahnya, semakin penting untuk tidak menyerah pada upaya dialog. China akan terus memainkan peran konstruktif dalam mendorong penyelesaian politik masalah Ukraina, kata Xi.

   Sementara itu, Putin mengatakan bahwa Rusia menghargai China karena konsisten menegakkan posisi yang tidak memihak, objektif, dan seimbang serta membela kesetaraan dan keadilan dalam isu-isu utama internasional. Rusia telah mempelajari makalah tentang posisi China terkait penyelesaian politik masalah Ukraina secara saksama dan terbuka untuk melakukan pembicaraan demi perdamaian. Rusia menyambut China untuk memainkan peran yang konstruktif dalam hal ini.  Selesai

【记者:Zhang Yisheng,Liu Tian 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/563df0c683d2b137e667bfc701b25963/1679377085162

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD