Pejabat sebut perdagangan luar negeri China awali tahun 2023 dengan kinerja positif

2023-03-21 10:34:47   来源:新华社

Foto dari udara yang diabadikan pada 13 Maret 2023 ini memperlihatkan terminal peti kemas Pelabuhan Taicang di Provinsi Jiangsu, China timur. (Xinhua/Li Bo)

   BEIJING, 20 Maret (Xinhua) -- Perdagangan luar negeri China membuka tahun 2023 dengan kinerja yang baik, dan akan diikuti dengan tren optimistis, kata seorang pejabat bea cukai China pada Senin (20/3).

   Jumlah peti kemas untuk ekspor telah meningkat sejak akhir Februari, ungkap Yu Jianhua, Kepala Administrasi Umum Kepabeanan (General Administration of Customs/GAC) China, dalam sebuah konferensi pers kala menanggapi laporan baru-baru ini tentang peti kemas kosong yang bertumpuk di pelabuhan-pelabuhan China sehingga memicu kekhawatiran terkait perdagangan.

   Data mingguan GAC menunjukkan bahwa perdagangan mengalami peningkatan sejak Februari, menurut Yu. Meskipun perdagangan barang luar negeri turun tipis 0,8 persen secara tahunan (year on year) dalam dua bulan pertama, ekspor meningkat 0,9 persen, yang melebihi ekspektasi, kata Yu.

   Perusahaan-perusahaan perdagangan telah melaporkan peningkatan jumlah pesanan baru, dan total ekspor kendaraan listrik, baterai lithium-ion, dan baterai surya melonjak dalam dua bulan pertama, kata Yu. Pencapaian-pencapaian ini dapat meningkatkan pertumbuhan perdagangan di bulan-bulan mendatang, tambahnya.

   Yu juga memperingatkan tentang potensi masalah seperti berkurangnya permintaan eksternal dan lambatnya pembayaran dari sejumlah negara. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menurunkan perkiraan pertumbuhan perdagangan global untuk tahun 2023 dari 3,4 persen menjadi 1 persen pada Oktober tahun lalu.

   "Di bawah iklim perdagangan eksternal yang kompleks terdapat peluang, dan tantangannya lebih bersifat global daripada lokal," kata Yu, saat mengungkapkan keyakinannya dalam mengamankan pertumbuhan perdagangan yang stabil tahun ini seiring berlanjutnya pemulihan ekonomi China.  Selesai

【记者:Liu Yinglun,Zou Duowei,Chen Yongrongyidu 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/df2f747e8a3d17f768f5cbff68a3a7e8/1679366089357

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD