Profil: Dengan mandat populer, Xi Jinping pelopori gerakan baru untuk modernisasi China (Bagian 5)

2023-03-16 11:52:08   来源:新华社

   Namun China memiliki jumlah penduduk 1,4 miliar jiwa, yang menurunkan peringkat pembangunan negara itu dalam hal angka per kapita. Menguraikan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5 persen, Xi menyampaikan bahwa jika China bertekad menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita ke level negara maju tingkat menengah pada 2035, maka sangat penting untuk mempertahankan pertumbuhan yang proporsional lewat peningkatan kualitas dan efisiensi. Dan, China memiliki kemampuan untuk melakukannya.

   "Pembangunan berkualitas tinggi merupakan tugas utama dalam membangun sebuah negara sosialis modern," ujar Xi.

   Hampir seluruh 31 provinsi, daerah otonom, dan kota di China Daratan menetapkan target pertumbuhan yang lebih tinggi. Shanghai menetapkan target pertumbuhannya di angka 5,5 persen, sementara Xinjiang dan Tibet masing-masing menetapkan target pertumbuhan mereka pada kisaran 7 persen dan lebih dari 8 persen.

   Wang Xiangming, seorang peneliti di Universitas Renmin China, mengatakan bahwa perubahan penting dalam masyarakat China setelah penyelenggaraan kongres Partai ke-20 adalah orang-orang memiliki kesadaran yang lebih kuat untuk membangun ekonomi. "Tanpa landasan material yang kuat, mustahil untuk mencapai modernisasi sosialis."

   Salah satu perubahan besar yakni pergeseran respons COVID-19. Dalam tiga tahun terakhir, beragam langkah respons yang ketat telah secara efektif melindungi kehidupan dan kesehatan rakyat. Pada November tahun lalu, Xi memimpin rapat kepemimpinan Partai untuk menyesuaikan langkah-langkah respons COVID-19. Tiga bulan kemudian, China dinyatakan meraih kemenangan atas pandemi.

   Kristalina Georgieva, ketua Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF), menuturkan bahwa optimalisasi kebijakan COVID-19 China kemungkinan menjadi satu-satunya faktor terpenting bagi pertumbuhan global pada 2023.

Xi Jinping berbincang dengan seorang penduduk desa di sebuah kebun di Desa Nangou, Yan'an, Provinsi Shaanxi, China barat laut, pada 26 Oktober 2022. (Xinhua/Yan Yan)

   Xi melakukan perjalanan ke luar kota pertamanya setelah kongres Partai ke-20 menuju daerah pedesaan. Dia mengunjungi sebuah kebun buah di Nangou, Provinsi Shaanxi, dan secara terbuka bertanya kepada para petani buah berapa pendapatan yang mampu mereka hasilkan per hari, seperti apa pendapatan mereka, dan bagaimana kondisi keluarga mereka.

   "Bagaimana teknik untuk memetik apel?" tanya Xi, lalu memetik sendiri sebuah apel merah besar dengan teknik yang dicontohkan oleh petani bernama Zhao Yongdong.

   Di luar pabrik pemilahan apel di desa itu, orang-orang berkumpul di sekitar Xi. "Perhatian utamanya adalah mata pencaharian masyarakat," kata Zhang Guanghong, seorang kader desa.

   Menjelang Festival Musim Semi, Xi berbicara dengan para kader dan warga dari seluruh negara tersebut via panggilan video. Dia bertanya kepada seorang kader dari desa etnis minoritas Qiang di Provinsi Sichuan soal jumlah wisatawan dan pendapatan mereka. Setelah Xi mengetahui bahwa nilai pendapatan per kapita di seluruh desa itu melampaui 40.000 yuan (1 yuan = Rp2.239) pada tahun lalu, dia berseru "Lumayan!"

   Wei Zhuo, seorang wisatawan, bercerita kepada Xi soal pengalamannya di desa tersebut. Terutama, katanya, daging babi yang diawetkan ala Sichuan terasa lezat. "Sang sekjen meminta saya untuk mengonsumsinya lebih banyak," ujar Wei. "Saya merasa dia sangat peduli dengan pembangunan pedesaan dan meningkatkan pendapatan rakyat biasa."

Foto kombo ini memperlihatkan Xi Jinping menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh rakyat China saat dirinya berbincang dengan para kader dan warga dari seluruh negara itu via panggilan video menjelang Festival Musim Semi di Beijing, China, pada 18 Januari 2023. (Xinhua/Xie Huanchi, Li Tao)

   Xi menyampaikan kepada para kader yang mendampinginya bahwa "tugas yang paling berat dan menantang dalam membangun negara sosialis modern masih terletak di daerah pedesaan." Di Konferensi Kerja Pedesaan Pusat pada akhir 2022, dia mengatakan untuk memperkuat negara, pertanian harus diperkuat terlebih dahulu, seraya menekankan bahwa memastikan pasokan biji-bijian dan produk pertanian penting yang stabil dan aman selalu menjadi prioritas utama.

   Menelusuri kebenaran dari fakta merupakan prinsip yang sangat dihargai oleh Komunis China. Xi sendiri telah memberikan contoh yang baik. Selama satu dekade terakhir, dia telah melakukan lebih dari 100 perjalanan inspeksi ke tingkat akar rumput untuk mendapatkan pengalaman langsung di lapangan.

   Dalam suatu kesempatan, dia meninggalkan Beijing pada pagi hari dan tiba di daerah pegunungan di Chongqing, China barat daya, pada malam hari. Sambil duduk di pelataran bersama warga setempat, dia mengatakan, "Saya menaiki pesawat, kereta, dan mobil, berganti tiga moda transportasi itu untuk mengunjungi tempat ini demi bertemu dengan Anda dan mendengarkan apa yang ingin Anda sampaikan kepada kami."

   Di lain kesempatan, dalam sebuah diskusi kelompok "Dua Sesi," Xi mengatakan, "Anda para pejabat tidak dapat membodohi saya. Saya berasal dari daerah yang dililit kemiskinan, dan saya paham seperti apa kondisinya."

   "Filosofi pembangunan baru," yang diperkenalkan oleh Xi pada 2015, memprioritaskan inovasi, koordinasi, pembangunan hijau, keterbukaan, dan saling berbagi. Filosofi itu diharapkan dapat memandu gerakan modernisasi China.

   Inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menjadi prioritas. Xi menyerukan percepatan laju kemandirian dan penguatan diri terkait hal ini.

   Zhang Jin, seorang deputi NPC sekaligus presiden perusahaan robotik Xinsong, mengenang kunjungan Xi ke perusahaan itu beberapa bulan yang lalu.

   "Di pabrik, dia hampir berhenti pada setiap langkah dan mengajukan pertanyaan di sepanjang jalan, menunjukkan minat yang kuat, terutama pada produk-produk yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan tersebut seperti robot mobile yang digunakan dalam lini produksi perakitan mobil dan lengan robotik dalam industri manufaktur cip," papar Zhang.

   Dalam percakapan dengan para teknisi muda, Xi menekankan bahwa inovasi independen adalah hal yang krusial bagi transisi negara itu menjadi raksasa manufaktur. Dia mengajukan pertanyaan apakah masih ada banyak tantangan teknis yang perlu segera diatasi, dan menyatakan bahwa sangat penting untuk mendorong penguatan diri dalam bidang ilmiah dan teknologi guna mengatasi "masalah kemacetan," yang beberapa di antaranya disebabkan oleh blokade teknologi Barat.

   Xi berulang kali menekankan bahwa reformasi harus mengacu pada arah ekonomi pasar sosialis. Pada Januari, dia mengutus seorang wakil perdana menteri China ke pertemuan tahunan Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) Davos di mana pejabat tersebut mengumumkan bahwa China tidak akan pernah kembali untuk mengejar ekonomi terencana.

   Pada Februari, sebuah reformasi besar yang melibatkan seluruh pasar modal diluncurkan, mendorong sistem berbasis registrasi untuk seluruh pasar tersebut dan berbagai penerbitan saham publik, yang bermanfaat dalam pengalokasian sumber daya yang lebih baik yang sesuai dengan mekanisme pasar.

   Pada kesempatan yang sama, Xi menerapkan sejumlah langkah untuk mencegah risiko sistemik pada sektor keuangan, real estat, dan utang pemerintah daerah.

   Dia menekankan dalam berbagai kesempatan bahwa, di satu sisi, China harus memperdalam reformasi aset dan badan usaha milik negara, sementara di sisi lainnya, negara itu harus terus meningkatkan lingkungan bisnis bagi sektor swasta.

   Dalam "Dua Sesi" tahun ini, Xi mengatakan kepada para pengusaha swasta bahwa CPC "selalu menganggap perusahaan swasta dan pengusaha swasta sebagai anggotanya sendiri" dan mendorong mereka agar melepaskan kekhawatiran dan beban, serta mengejar pembangunan mereka dengan tekun.

   "Saya selalu mendukung perusahaan swasta," kata Xi, yang bekerja selama lebih dari 20 tahun di provinsi Fujian dan Zhejiang, yang terkenal memiliki sektor swasta yang dinamis.  Selesai

【记者:Wang Jinye,Meng Na,Li Zhihui,Xu Lingui,Gui Tao,Zhang Bowen,Yao Yulin 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/a6d6d2441f6fd1c44d19003fa1c4912b/1678938731114

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD