Profil: Dengan mandat populer, Xi Jinping pelopori gerakan baru untuk modernisasi China (Bagian 2)

2023-03-16 11:02:59   来源:新华社

   Dalam waktu kurang dari setahun, Xi mengajukan strategi "pengentasan kemiskinan yang ditargetkan", dan dalam rentang waktu sekitar delapan tahun telah mengirim 255.000 tim kerja dan 3 juta kader ke desa-desa, memberikan bantuan secara langsung kepada petani miskin.

   Xi sendiri melakukan lebih dari 50 inspeksi dan studi penelitian tentang pengentasan kemiskinan, termasuk kunjungan ke 14 daerah dengan konsentrasi kemiskinan ekstrem yang tinggi.

   Pada 25 Februari 2021, Xi mengumumkan bahwa kemiskinan absolut telah diberantas di China.

   Tingkat pengentasan kemiskinan di China jauh lebih cepat dibandingkan rata-rata global, menjadikannya negara dengan jumlah penduduk terbesar yang terangkat dari kemiskinan di seluruh dunia.

   "Jika bukan karena dorongan pribadi Xi, pengentasan kemiskinan akan menjadi lebih sulit dan memakan waktu lebih lama," kata Zeng Shoufu, yang pernah bekerja sebagai kader pengentasan kemiskinan desa di Provinsi Fujian.

   Tantangan lainnya adalah korupsi. Setelah menduduki jabatan puncak Partai pada akhir 2012, Xi memperingatkan bahwa "jika korupsi dibiarkan menyebar, pada akhirnya akan menyebabkan keruntuhan Partai dan jatuhnya negara."

   Kurang dari sebulan bekerja, Xi melepaskan "tembakan pertama" dalam perangnya melawan korupsi. Selama 10 tahun, "macan-macan" berpangkat tinggi, termasuk seorang mantan anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral CPC, diturunkan.

   Lebih dari 500 kader yang dibawahi langsung oleh Pusat CPC, yang sebagian besar berada di atau di atas tingkat menteri, diselidiki. Pejabat korup yang melarikan diri ke luar negeri dibawa kembali melalui operasi antikorupsi yang diprakarsai oleh Xi.

   Pada 2018, dia mengumumkan bahwa "kemenangan luar biasa" terhadap korupsi telah tercapai. Namun, kampanye tidak berakhir di situ. Setelah Kongres Nasional CPC ke-20, hampir 20 pejabat senior lainnya diselidiki atau dihukum karena korupsi.

   Awal tahun ini, pada sesi pleno Komisi Sentral CPC untuk Inspeksi Disiplin, badan pemberantasan korupsi tertinggi, Xi mendesak tindakan keras terhadap korupsi yang melibatkan masalah politik dan ekonomi. Dia menekankan perlunya mencegah kader pimpinan menjadi juru bicara atau agen dari kelompok kepentingan dan kelompok kekuasaan.

   Keberhasilan pengentasan kemiskinan dan antikorupsi berdampak positif bagi Xi yang mendapat banyak dukungan, tetapi ini bukan satu-satunya alasan dia terpilih dengan suara bulat untuk jabatan puncak Partai dan negara. Dalam satu dekade terakhir, banyak masalah lama di China sukses terselesaikan di bawah kepemimpinannya.

   China terus berkembang dan menjadi lebih kuat secara keseluruhan, dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 6,2 persen dalam satu dekade terakhir. Itu lebih dari dua kali rata-rata global. Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita meningkat dua kali lipat menjadi lebih dari 12.000 dolar AS (1 dolar AS = Rp15.380).

   Porsi ekonomi China di dunia meningkat dari 11,3 persen pada 2012 menjadi 18,5 persen saat ini. Hasil panen biji-bijian secara konsisten berlimpah.

   Di masa lalu, industri manufaktur China sering disebut "besar namun tidak kuat." Butuh satu miliar pasang kaus kaki untuk membeli satu pesawat Boeing, kata beberapa orang. Sekarang ini, China mengembangkan pesawat penumpang besar sendiri, dan kemajuan teknologi berkontribusi lebih dari 60 persen terhadap pertumbuhan ekonomi negara itu.

   Ekonomi digital China menjadi yang terbesar kedua di dunia, dan produksi serta penjualan kendaraan energi barunya menempati peringkat pertama selama delapan tahun berturut-turut.

   Shan Zenghai, seorang teknisi di produsen mesin konstruksi XCMG, mengenang bagaimana pada 2017, Xi mengunjungi bengkel kerja perusahaan dan menaiki sebuah crane segala medan.

   "Dia memberi dorongan besar kepada kami, mengatakan bahwa ekonomi riil tidak boleh dikesampingkan," tutur Shan. "Dia juga mengatakan ekonomi China harus beralih dari pertumbuhan berkecepatan tinggi ke pembangunan berkualitas tinggi."

   Dalam pertemuan musyawarah di sesi NPC tahun ini, Shan kembali duduk bersama Xi dan memberitahunya bahwa semua komponen crane yang pernah Xi naiki kini diproduksi di China.

   "Apakah cip pada crane perusahaan Anda dibuat di dalam negeri?" tanya Xi.

   "Ya. Semua dibuat di China," jawab Shan.

【记者:Wang Jinye,Meng Na,Li Zhihui,Xu Lingui,Gui Tao,Zhang Bowen,Yao Yulin 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/9b173de20f7d843fa88587df2a24f820/1678935782161

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD