Profil: Dengan mandat populer, Xi Jinping pelopori gerakan baru untuk modernisasi China (Bagian 3)

2023-03-16 11:08:55   来源:新华社

   Dalam 10 tahun terakhir, sembari mengentaskan kemiskinan absolut, China membangun sistem pendidikan, jaminan sosial, serta perawatan medis dan kesehatan terbesar di dunia. China mengadopsi berbagai kebijakan untuk menyediakan layanan medis dan perawatan kesehatan yang lebih mudah diakses dan berkelanjutan bagi para petani. Pada 2021, angka harapan hidup rata-rata warga China meningkat menjadi 78,2 tahun, hampir 2 tahun lebih tinggi dibandingkan angka harapan hidup rata-rata warga Amerika pada tahun itu.

   Tanpa Xi, perlindungan lingkungan ekologi China tidak akan mencapai perbaikan bersejarah, kata sejumlah pengamat. Konsentrasi rata-rata partikel kecil atau PM2,5 di udara di kota-kota besar menurun selama sembilan tahun berturut-turut, dengan penurunan kumulatif sebesar 57 persen. Peristiwa kabut asap yang dulu kerap menyelimuti langit di China utara kini menjadi langka.

   Xi mendorong pembangunan ramah lingkungan sekaligus menangani polusi secara menyeluruh. Xi mengumumkan bahwa China menargetkan puncak emisi karbon pada 2030 dan mencapai netralitas karbon pada 2060. Dia juga mendorong ratifikasi Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

   Berkat upaya Xi juga, China termasuk di antara negara-negara pertama yang menandatangani Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP), perjanjian perdagangan bebas terbesar di dunia, dan memperluas zona percontohan perdagangan bebasnya dari satu menjadi 21. Seluruh Pulau Hainan telah diubah menjadi pelabuhan perdagangan bebas.

   Xi adalah pendukung kuat semangat kemandirian dan peningkatan diri. Dia menekankan perlunya meningkatkan kepercayaan diri dan kebanggaan sebagai warga China, serta pentingnya mempromosikan budaya tradisional China yang luar biasa, seraya menyatakan bahwa mengikuti orang lain secara membabi buta bukanlah cara untuk maju.

   "Bukankah film-film Hollywood seperti 'Kung Fu Panda' dan 'Mulan' didasarkan pada sumber daya budaya kita?" katanya.

   Kebijakan-kebijakan reformasi Xi menghasilkan "perubahan bersejarah, pembentukan kembali yang sistematis, dan rekonstruksi keseluruhan" dalam banyak bidang, mulai dari sistem ekonomi, politik, budaya, sosial, dan perlindungan ekologi, hingga pertahanan nasional dan lembaga milik Partai itu sendiri.

【记者:Wang Jinye,Meng Na,Li Zhihui,Xu Lingui,Gui Tao,Zhang Bowen,Yao Yulin 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/a9e5140da4a632ede667bfc701b25963/1678936139004

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD