Para pakar sebut pembangunan berkualitas tinggi China berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi global

2023-03-15 20:12:24   来源:新华社

JUDUL: Para pakar sebut pembangunan berkualitas tinggi China berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi global

DATELINE: 14 Maret 2023

DURASI: 00:01:52

LOKASI: Beijing

KATEGORI: EKONOMI

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan terkait China

2. SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): SELCUK COLAKOGLU, Direktur Pusat Studi Asia-Pasifik Turkiye yang berbasis di Ankara

3. SOUNDBITE 2 (Bahasa Spanyol): ENRIQUE DUSSEL PETERS, Koordinator Jaringan Akademik Amerika Latin dan Karibia di China (RED ALC-CHINA)

4. SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): RONNIE LINS, Direktur Pusat Riset dan Bisnis China-Brasil di Brasil

 

STORYLINE:

China telah menetapkan target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) sekitar 5 persen untuk 2023 guna memastikan pembangunan yang stabil dan berkualitas.

Para pakar mengatakan target pertumbuhan itu menunjukkan upaya China mengejar pembangunan berkualitas tinggi, menyoroti peran negara tersebut sebagai mesin utama pertumbuhan ekonomi global.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Inggris): SELCUK COLAKOGLU, Direktur Pusat Studi Asia-Pasifik Turkiye yang berbasis di Ankara

"Pemerintah China akan melanjutkan target pembangunan berkualitas tinggi untuk mencapai pembangunan yang lebih bermutu dan berkualitas.

Untuk 2023, pemerintah China menetapkan tingkat pertumbuhan PDB sekitar 5 persen, yang sangat positif dan di atas ekspektasi rata-rata global. Jadi China akan terus menjadi mesin pembangunan tahun ini."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Spanyol): ENRIQUE DUSSEL PETERS, Koordinator Jaringan Akademik Amerika Latin dan Karibia di China (RED ALC-CHINA)

"China terus mendukung pembangunan berkualitas tinggi, dan Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra berkualitas tinggi. China berupaya membuat perubahan kualitatif. Ini bukan hanya tentang lebih banyak pertumbuhan atau pembangunan, tetapi perubahan kualitatif."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): RONNIE LINS, Direktur Pusat Riset dan Bisnis China-Brasil di Brasil

"Perlu diketahui bahwa China telah menjadi mesin perekonomian dunia. Oleh karena itu, perekonomian dunia sangat bergantung pada pembangunan China yang baik.

Proses pertumbuhan pada 2023 akan menggabungkan pembangunan berkualitas tinggi, kelanjutan dari proses keterbukaan, memperdalam reformasi, dan normalisasi layanan serta tindakan lain yang terhambat oleh konteks global.

Berkat peran pentingnya terhadap ekonomi global, China akan memainkan peran mendasar dalam mengarahkan ekonomi dunia menuju normalitas."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Beijing.

(XHTV)

【记者:Zheng Xin,Wang Feng,S AfarRajabov,Wu Hao,Xie Zhao 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/596e4fed1d084a68c833255356dd87af/1678882347000

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD