Pusat perawatan pascapersalinan makin populer di kalangan wanita China

2023-05-16 13:12:40   来源:新华社

JUDUL: Pusat perawatan pascapersalinan makin populer di kalangan wanita China 

DATELINE: 15 Mei 2023

DURASI: 00:01:38

LOKASI: NANNING, China

KATEGORI: MASYARAKAT

 

SHOTLIST:

1. STANDUP (Bahasa Inggris): HUANG KAIYING, Koresponden Xinhua

2. Berbagai cuplikan pusat perawatan pascapersalinan

3. SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): HUANG LINA, Warga Nanning

4. SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIN DAWEI, Kepala pusat perawatan pascapersalinan di Nanning

5. SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): ZENG YACHANG, Kepala Dokter Kandungan, Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Guangxi

 

STORYLINE:

STANDUP (Bahasa Inggris): HUANG KAIYING, Koresponden Xinhua

"Pernahkah Anda mendengar tentang 'zuo yuezi' atau 'bulan isolasi'? Di China, sudah menjadi tradisi bagi seorang ibu yang baru melahirkan untuk tinggal di rumah selama sebulan agar tubuhnya dapat beristirahat pascapersalinan. Dan saat ini, semakin banyak ibu yang lebih memilih melakukan 'zuo yuezi' di pusat perawatan pascapersalinan profesional, seperti di sini."

"Zuo yuezi" adalah praktik pascapersalinan yang dilakukan oleh sebagian besar wanita China. Seiring perubahan zaman, gaya "zuo yuezi" disesuaikan dengan versi yang lebih modern.

Wang Lina merupakan satu dari sekian banyak ibu baru yang pergi ke pusat perawatan pascapersalinan selama "bulan isolasi" ini. Wang mengatakan alasan dia memilih tempat ini untuk melakukan "zuo yuezi" adalah agar memudahkan seluruh keluarga.

SOUNDBITE 1 (Bahasa Mandarin): HUANG LINA, Warga Nanning

"Jika saya tinggal di rumah untuk 'zuo yuezi', seluruh keluarga akan sangat sibuk. Mungkin ibu saya akan mencuci dan bersih-bersih dan ibu mertua saya memasak. Suami saya juga akan sangat lelah di malam hari."

SOUNDBITE 2 (Bahasa Mandarin): LIN DAWEI, Kepala pusat perawatan pascapersalinan di Nanning

"China memiliki pasar yang sangat besar untuk pusat perawatan pascapersalinan. Pusat perawatan pascapersalinan kini menyediakan layanan seperti pemberian asupan makan yang ilmiah, perawatan yang cermat, dan bahkan konseling psikologis untuk membantu keluarga dan orang tua mengatasi periode ini bersama-sama. Khusus untuk ibu muda, mereka lebih memperhatikan soal pemulihan bentuk tubuh, kesehatan, dan tumbuh kembang anak, yang mungkin sangat berbeda dengan tradisi di masa lalu."

SOUNDBITE 3 (Bahasa Inggris): ZENG YACHANG, Kepala Dokter Kandungan, Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Guangxi

"Praktik 'isolasi' ini memiliki sejarah lebih dari 2.000 tahun. Ini merupakan cara yang sangat tradisional dan diperlukan untuk pemulihan wanita pascapersalinan di China. Praktik ini mencerminkan isu pascapersalinan wanita yang ditekankan oleh masyarakat China. Ini merupakan budaya yang sangat istimewa dan hangat."

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Nanning, China.

(XHTV)

【记者:Huang Kaiying,Liang Shun,Zhou Hua 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/3f89152586263dd4a88587df2a24f820/1684213962657

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD