Mongolia dorong penanaman pohon guna cegah penggurunan

2023-05-14 13:52:12   来源:新华社

JUDUL: Mongolia dorong penanaman pohon guna cegah penggurunan

DATELINE: 13 Mei 2023

DURASI: 00:01:10

LOKASI: Ulan Bator

KATEGORI: LINGKUNGAN

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan penanaman pohon di Mongolia

 

STORYLINE:

Mongolia pada Sabtu (13/5) meningkatkan upaya untuk menanam lebih banyak pohon di seluruh wilayahnya guna memerangi penggurunan dan melindungi lingkungan, demikian disampaikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Pariwisata Mongolia.

Gerakan tersebut diluncurkan untuk memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Mongolia, ajang penanaman pohon dan pemeliharaan alam terbesar di negara itu, yang jatuh pada hari Sabtu kedua pada bulan Mei dan Oktober setiap tahunnya.

Tahun ini, peringatan Hari Menanam Pohon Nasional akan berlangsung selama dua pekan untuk mempromosikan kampanye penanaman pohon nasional bertajuk "Billion Trees" yang diluncurkan pada 2021, menurut kementerian tersebut dalam pernyataannya.

Kementerian tersebut mengatakan bahwa rumah tangga, bisnis, serta organisasi negeri dan swasta di negara itu diperkirakan akan menanam lebih banyak pohon di pekarangan dan lingkungan sekitar mereka serta merawat pohon-pohon yang telah ditanam sebelumnya.

"Menanam pohon merupakan salah satu hadiah terpenting yang dapat kita berikan kepada planet kita dan diri kita sendiri," ujar Bat-Ulzii Bat-Erdene, Menteri Lingkungan Hidup dan Pariwisata Mongolia, saat menanam pohon di sebuah taman di wilayah ibu kota, dan mengimbau masyarakat untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang lebih sehat serta melawan penggurunan dengan cara menanam lebih banyak pohon.

Negara Asia itu memiliki wilayah daratan dengan total luas 1.564.116 km persegi, namun hanya 8 persen yang ditutupi oleh hutan.

Menurut kementerian tersebut, angin kencang dan badai debu parah sering terjadi di Mongolia, dengan sekitar 77 persen wilayah negara itu terdampak penggurunan dan degradasi lahan.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Ulan Bator.

(XHTV)

【记者:Duo Jihanda,Ga Ridi,A Sigang 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/06f43bb95c41b884f9110662f8981993/1684043534453

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD