Konflik Israel-Palestina terus berlanjut terlepas dari upaya fasilitasi gencatan senjata

2023-05-14 13:08:35   来源:新华社

JUDUL: Konflik Israel-Palestina terus berlanjut terlepas dari upaya fasilitasi gencatan senjata

DATELINE: 13 Mei 2023

DURASI: 00:01:45

LOKASI: JALUR GAZA

KATEGORI: LAIN-LAIN

 

SHOTLIST:

1. Berbagai cuplikan serangan udara di Jalur Gaza

2. STANDUP 1 (Bahasa Inggris): SAUD ABU RAMADAN, Koresponden Xinhua

3. Rekaman video dari ponsel yang menunjukkan bangunan tempat tinggal dihantam roket di Kota Rehovot, Israel tengah

4. STANDUP 2 (Bahasa Inggris): WANG ZHUOLUN, Koresponden Xinhua

5. STANDUP 3 (Bahasa Inggris): WANG ZHUOLUN, Koresponden Xinhua

 

STORYLINE:

Pasukan Israel dan militan Palestina terus terlibat baku tembak pada Jumat (12/5), semakin mengeskalasi konfrontasi yang telah menewaskan 33 warga Palestina dan satu warga Israel, menurut data resmi hingga Jumat.

STANDUP 1 (Bahasa Inggris): SAUD ABU RAMADAN, Koresponden Xinhua

"Kami hari ini berada di Kota Beit Lahia di Jalur Gaza utara, tiba dan mendapati sebuah rumah yang hancur, sebuah bangunan yang terdiri dari dua atau tiga lantai telah dibom oleh jet tempur Israel, dan, seperti yang kita lihat, benar-benar hancur.

Orang-orang (di Jalur Gaza) berlindung di rumah mereka, karena takut menjadi target. Jalanan terlihat kosong, sekolah dan universitas tutup, kecuali toko roti dan apotek yang tetap buka agar penduduk dapat membeli makanan dan obat-obatan."

Menurut kementerian kesehatan yang berbasis di Gaza, 33 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya luka-luka sejak Israel memulai serangan udara pada Selasa (9/5).

Sementara itu, di Kota Rehovot di Israel tengah, seorang warga Israel tewas dan lebih dari sembilan lainnya terluka akibat serangan roket yang ditembakkan dari Jalur Gaza, menurut laporan media Israel.

STANDUP 2 (Bahasa Inggris): WANG ZHUOLUN, Koresponden Xinhua

"Sekarang saya berada di sebuah kota di Israel yang bernama Rehovot. Seorang wanita tewas pada Kamis (11/5) sore saat roket ditembakkan dari Jalur Gaza, menghantam bangunan tempat tinggal di belakang saya seperti yang bisa kita lihat. Lantai kedua dan ketiga dari bangunan tempat tinggal ini rusak parah."

STANDUP 3 (Bahasa Inggris): WANG ZHUOLUN, Koresponden Xinhua

"Saat ini kami mendapat izin khusus untuk masuk ke gedung yang dihantam roket."

Konflik dimulai pada Selasa setelah serangan udara Israel yang mengejutkan di Jalur Gaza menewaskan tiga pemimpin senior Jihad Islam Palestina (Palestinian Islamic Jihad/PIJ).

Sejak saat itu, kelompok operasi militer gabungan, yang terdiri dari sayap bersenjata beberapa faksi Palestina, termasuk PIJ dan Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), terlibat baku tembak dengan tentara Israel.

Sumber-sumber dari Palestina mengatakan bahwa Mesir, Qatar, dan PBB sejauh ini gagal memfasilitasi gencatan senjata antara Israel dan kelompok militan pimpinan Hamas, termasuk PIJ.

 

Koresponden Kantor Berita Xinhua melaporkan dari Jalur Gaza dan Rehovot di Israel.

(XHTV)

【记者:Saud Abu Ramadan,Liu Weijian,Emad Drimly,Khader Abu Kwaik 】
原文链接:http://home.xinhua-news.com/rss/newsdetaillink/ccad318d5cb6f817a88587df2a24f820/1684040917692

财经新闻 ECONOMIC NEWS

24小时排行 LEADERBOARD